RENCANA PELAKSANAAN
PEMBELAJARAN
(RPP)
Satuan
Pendidikan : SMK Texmaco Pemaalang
Mata
Pelajaran
: Bahasa Inggris
Kelas/semester : XII/1 (satu)
Materi
Pokok : News Item
Alokasi
Waktu : 2x pertemuan
A. Kompetensi
Inti
KI 1:
Menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya
KI 2: Menghayati
dan mengamalkan perilaku jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli (gotong royong, kerjasama, toleran, damai), santun, responsif
dan pro-aktif dan menunjukan sikap sebagai bagian dari solusi atas
berbagai permasalahan dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan
sosial dan alam serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam
pergaulan dunia
KI 3: Memahami, menerapkan,
menganalisis dan mengevaluasi pengetahuan faktual, konseptual,
prosedural dan metakognitif berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu
pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan,
kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkaitpenyebab fenomena dan kejadian,
serta menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai
dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah.
KI 4:
Mengolah, menalar, menyaji,dan mencipta dalam ranah konkret dan
ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah
secara mandiri serta bertindak secara
efektif dan kreatif, danmampu
menggunakan metoda sesuai kaidah keilmuan
B. Kompetensi Dasar dan Indikator Pencapaian Kompetensi
1.1 Mensyukuri kesempatan dapat mempelajari
bahasa Inggris sebagai bahasa pengantar Komunikasi internasional yang
diwujudkan dalam semangat belajar.
Indikator:
1.1.1 Melaksanakan kegiatan dengan
bersungguh-sungguh selama proses pembelajaran sebaagai wujud rasa
bersyukur dapat mempelajari
bahasa Inggris sebagai bahasa pengantar Komunikasi internasional yang
diwujudkan dalam semangat belajar.
2.3 Menunjukkan
perilaku tanggung jawab, peduli, kerjasama dan
cinta damai dalam melaksanakan komunikasi fungsional.
Indikator:
2.3.1 Menyelesaikan tugas berdasarkan hasil kerja
sendiri (dengan kelompok sendiri)
2.3.2 Menyelesaikan tugas yang menjadi
bagiannya dalam kerja kelompok
2.3.3 Mempresentasikan hasil kerja kelompok di depan
kelas
3. 4. Membedakan fungsi sosial, struktur teks, dan
unsur kebahasaan beberapa teks news item lisan dan tulis dengan memberi dan
meminta informasi terkait berita sederhana dari koran/radio/TV, sesuai dengan
konteks penggunaannya Indikator:
3.4.1 Menyebutkan contoh teks news item berbentuk
berita sederhana dari koran/radio/TV
3.4.2 Menjelaskan fungsi
sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan dariteks news item berbentuk berita sederhana dari koran/radio/TV
4.4. Menangkap makna secara kontekstual
terkait fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan teks news items
lisan dan tulis, dalam bentuk berita sederhana koran/radio/T
Indikator:
4.4.1 Mendemonstrasikan teks berita sederhana
dari koran/radio/TV.
4.4.2 Menulis rangkuman teks berita sederhana dari koran/radio/TV.
C. Materi
Pembelajaran
Fungsi Sosial : Memberitakan kegiatan,
kejadian, dan peritiwa yang menarik dan layak menjadi berita kepada pembaca,
pemirsa, pendengar
Struktur
Teks:
(gagasan utama dan informasi rinci)
Menguraikan secara ringkas dan
padat tentang kejadian, kejadian, peristiwa yang menarik menjadi
berita.
Menguraikan secara lebih rinci
tentang kejadian/peristiwa/
kegiatan, pihak yang terlibat atau terkait, waktu, tempat, dsb.
Menyebutkan sumber berita: komentar,
pernyataan, pendapat dari pihak terlibat/terkait, saksi, pihak berwenang, ahli,
dsb., tentang yang diberitakan
Unsur Kebahasaan:
(1) Kata dan ungkapan yang
menarik perhatian tentang isi berita pada judul (headline)
(2) Penghilangan kata-kata
fungsional atau gramatikal (the, a, kata kerja bantu, dll.)
(3) Kalimat langsung dengan
kutipan, dan kalimat tidak langsung.
(4) Kalimat pasif
(5) Adverbial dan frasa
preposisional tentang waktu, tempat, cara, dll.
(6) Penggunaan nominal
singular dan plural secara tepat, dengan atau tanpaa, the, this, those, my,
their, dsb secara tepat dalam frasa nominal
(7) Ucapan, tekanan kata,
intonasi
(8) Ejaan dan tanda baca
(9) Tulisan tangan
D. Metode Pembelajaran
1. Pendekatan : Scientific
Approach
2. Model
: Discovery learning
3. Strategi
: pengamatan (observasi) diskusi kelompok (berpasangan), penugasan individu
E. Media, Alat, dan Sumber Pembelajaran
1. Media
: gambar, video, ppt, loadspeaker.
2. Alat
: laptop, whiteboard, LCD & proyektor.
3. Sumber pembelajaran:
Bahasa Inggris SMA Kelas XII
(Buku Teks Wajib K-13)
Google.com
Youtube.com
Lingkungan sekitar: Nama dan
lokasi lingkungan sekitar sekolah
F. Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran
Pertemuan 1
Pendahuluan (10 menit )
1) Guru memberi salam (greeting); dan
mengajak peserta didik untuk berdoa bersama
2) Guru memeriksa kehadiran peserta didik;
3) Guru menyiapkan peserta
didik secara psikis dan fisik untuk
mengikuti proses pembelajaran;
4) Guru memberi motivasi
belajar peserta didik secara kontekstual sesuai
manfaat dan aplikasi materi ajar dalam
kehidupan sehari-hari, dengan memberikan contoh
dan perbandingan lokal, nasional dan internasional
5) Guru memperkenalkan materi yang akan
dipelajari hari ini.
Kegiatan inti
Mengamati (15 menit)
6) Peserta didik membaca teks berita sederhana
dari koran dan majalah, atau buku teks wajib (Buku Bahasa Inggris K13) (news
item) tersebut untuk memahami isi pesannya.
7) Dengan bimbingan guru, peserta didik
mengidentifikasi fungsi sosialnya, struktur teks (termasuk a.l. gagasan utama
dan informasi rinci) dari teks berita sederhana dari koran/radio/TV (news item)
tersebut.
Menanya (15 menit)
8) Dengan bimbingan dan arahan guru, peserta
didik menanyakan dan mempertanyakan tentang fungsi sosial, struktur teks, dan
unsur kebahasaan dari setiap teks berita sederhana dari koran/radio/TV (news
item) tentang orang, binatang, benda, gejala dan peristiwa alam dan sosial
tersebut.
Mengumpulkan data/informasi (35 menit)
9) Secara kolaboratif, peserta didik mencari dan
mengumpulan beberapa berita sederhana dari koran/radio/TV (news item) dari
berbagai sumber, termasuk dari internet, koran, majalah, buku teks, dsb.
10) Peserta didik membaca rujukan dari berbagai sumber, termasuk buku
teks, untuk mengetahui fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan dari
teks berita sederhana dari koran/radio/TV (news item).
11) Peserta didik membaca semua berita sederhana dari koran/radio/TV
(news item) yang telah terkumpul tsb., secara lebih cermat dengan cara
mengidentifikasi dan menyebutkan:
- fungsi sosial setiap teks
- jenis atau golongan dari
obyek yang dipaparkan
- nama, bagian-bagian,
sifat dan perilaku yang umum ditemukan/ dilihat
- kosa kata, tata bahasa,
ucapan, tekanan kata, ejaan, tanda baca yang digun
Mengasosiasi (15 menit)
12) Peserta didik membandingkan fungsi sosial, struktur teks, dan
unsur kebahasaan dari beberapa teks berita sederhana dari koran/radio/TV (news
item) yang telah dikumpulkan dari berbagai sumber tersebut di atas.
13) Peserta didik memperoleh balikan (feedback) dari guru dan teman
tentang hasil analisis mereka tentang fungsi sosial, struktur teks, dan unsur
kebahasaan yang digunakan dalam teks berita sederhana dari koran/radio/TV (news
item) yang mereka baca.
Mengomunikasikan (35 menit)
14) Peserta didik menyampaikan beberapa teks berita sederhana dari
koran/radio/TV (news item) sederhana yang telah dibaca kepada teman-temannya,
dengan cara membacakan, bertanya jawab, membahas pandangan masing-masing
tentang isi teks berita sederhana tersebut.
15) Peserta didik berupaya membaca secara lancar dengan ucapan,
tekanan kata, intonasi yang benar dan menulis dengan ejaan dan tanda baca yang
benar, serta tulisan yang jelas dan rapi.
16) Peserta didik membicarakan permasalahan yang dialami dalam
memahami teks berita sederhana dari koran/radio/ TV (news item).
Penutup (10 menit)
17) Peserta didik mendapatkan tugas untuk merangkum teks berita dari
koran, majalah atau internet yang berbahasa Inggris
18) Peserta didik dan guru melakukan refleksi terhadap kegiatan
pembelajaran dan manfaat-manfaatnya.
19) Peserta didik dan guru memberikan umpan balik terhadap proses dan
hasil pembelajaran.
20) Peserta didik dan guru berdoa dan mengucapkkan salam penutup.
Pertemuan ke 2
Pendahuluan (10 menit )
1) Guru memberi salam (greeting); dan
mengajak peserta didik untuk berdoa bersama
2) Guru memeriksa kehadiran peserta didik;
3) Guru menyiapkan peserta
didik secara psikis dan fisik untuk
mengikuti proses pembelajaran;
4) Guru memberi motivasi
belajar peserta didik secara kontekstual sesuai
manfaat dan aplikasi materi ajar dalam
kehidupan sehari-hari, dengan memberikan contoh
dan perbandingan lokal, nasional dan internasional
5) Guru mengingatkan tentang materi yang telah
dipelajari hari sebelumnya dan menghubungkan dengan materi hari ini.
Kegiatan inti
Mengamati (15 menit)
6) Peserta didik menyimak video tentang
teks berita sederhana yang diputarkan oleh guru, dan memahami isi
pesannya.
7) Peserta didik dengan bimbingan guru,
mengidentifikasi fungsi sosialnya, struktur teks (termasuk a.l. gagasan utama
dan informasi rinci) dari teks berita sederhana dari koran/radio/TV (news item)
dalam video tersebut tersebut.
Menanya (10 menit)
8) Dengan bimbingan dan arahan guru, peserta
didik menanyakan dan mempertanyakan tentang fungsi sosial, struktur teks, dan
unsur kebahasaan dari setiap teks berita sederhana dari koran/radio/TV (news
item) tentang orang, binatang, benda, gejala dan peristiwa alam dan sosial
tersebut.
Mengumpulkan data/informasi (25 menit)
9) Secara kolaboratif, peserta didik membuka lagi
beberapa berita sederhana dari koran/radio/TV (news item) dari berbagai sumber,
termasuk dari internet, koran, majalah, buku teks, dsb yang telah mereka
identifikasi kemarin.
10) Peserta didik mencoba memutar video dari guru dalam kelompok dan
mencermati dengan cara mengidentifikasi dan menyebutkan:
- fungsi sosial setiap teks
- jenis atau golongan dari
obyek yang dipaparkan
- nama, bagian-bagian,
sifat dan perilaku yang umum ditemukan/ dilihat
- kosa kata, tata bahasa,
ucapan, tekanan kata, ejaan, tanda baca yang digun
Mengasosiasi (20 menit)
11) Membandingkan fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan
dari beberapa berita sederhana dari koran/radio/TV (news item) dari berbagai
sumber, termasuk dari internet, koran, majalah, buku teks, dsb yang telah
mereka identifikasi kemarin.
12) Memperoleh balikan (feedback) dari guru dan teman tentang hasil
analisis mereka tentang fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan yang
digunakan dalam teks berita sederhana dari koran/radio/TV (news item) yang
mereka baca.
Mengomunikasikan (35 menit)
13) Menyampaikan beberapa teks berita sederhana dari video dan hasil
diskusi dengan kelompoknya, dengan cara antara lain membacakan, bertanya jawab,
membahas pandangan masing-masing tentang isi teks ilmiah factual, dsb.
14) Berupaya membaca secara lancar dengan ucapan, tekanan kata,
intonasi yang benar dan menulis dengan ejaan dan tanda baca yang benar, serta
tulisan yang jelas dan rapi.
15) Membicarakan permasalahan yang dialami dalam memahami teks berita
sederhana dari koran/radio/ TV (news item) dan menuliskannya dalam jurnal
belajar sederhana dalam bahasa Indonesia.
Penutup (15 menit)
16) Peserta didik mendapatkan tugas untuk merangkum berita dari
youtube (radio/TV) yang berbahasa Inggris
17) Peserta didik dan guru melakukan refleksi terhadap kegiatan
pembelajaran dan manfaat-manfaatnya.
18) Peserta didik dan guru memberikan umpan balik terhadap proses dan
hasil pembelajaran.
Peserta didik dan guru berdoa dan mengucapkkan salam penutup.
G. Penilaian
1. Pengetahuan
a. Teknik Penilaian : Tes Tulis
b. Bentuk Instrumen : Multiple Choice
c. Kisi-kisi :
No.
|
Indikator
|
Butir Instrumen
|
1.
|
Disajikan dalam bentuk soal pilihan ganda, peserta didik diminta
untuk menjawab soal-soal tersebut
|
Soal terlampir
|
d. Instrumen: Soal terlampir
e. Pedoman penskoran: Setiap
jawaban benar dikalikan 10
2. Keterampilan
a. Teknik Penilaian : Unjuk Kerja
b. Bentuk Instrumen : Tes Keterampilan Berbicara dan
Menulis
c. Rubrik Tes Keterampilan Menulis
Pemalang
, Juli 2018
Mengetahui
Kepala
Sekolah SMK Texmaco Pemalang Guru
Mapel
Noor
Ita Yulinda, S.Pd
RPP NYA APAKAH ADA MENGGUMAKAN MODEL PEMELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING?SY PERLU RPP NEWS ITEM YG PAKE MODEL PROBLEM BASED LEARNING