Rss Feed
  1. RPP NEWS ITEM

    Selasa, 08 Januari 2019


    RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
    (RPP)


    Satuan Pendidikan : SMK Texmaco Pemaalang
    Mata Pelajaran        : Bahasa Inggris
    Kelas/semester         : XII/1 (satu)
    Materi Pokok           : News Item
    Alokasi Waktu         : 2x pertemuan


    A.      Kompetensi Inti
    KI 1:    Menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya
    KI 2:  Menghayati dan mengamalkan perilaku jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli (gotong royong, kerjasama, toleran, damai),  santun, responsif dan pro-aktif  dan menunjukan sikap sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia
    KI 3:   Memahami, menerapkan, menganalisis dan mengevaluasi pengetahuan faktual, konseptual, prosedural dan metakognitif  berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkaitpenyebab fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah.
    KI 4:    Mengolah, menalar, menyaji,dan mencipta dalam ranah konkret dan ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri serta bertindak secara efektif dan kreatif, danmampu menggunakan metoda sesuai kaidah keilmuan

    B.       Kompetensi Dasar dan Indikator Pencapaian Kompetensi
    1.1    Mensyukuri kesempatan dapat mempelajari bahasa Inggris sebagai bahasa pengantar Komunikasi internasional yang diwujudkan dalam semangat belajar.
    Indikator:
    1.1.1        Melaksanakan kegiatan dengan bersungguh-sungguh selama proses pembelajaran sebaagai wujud rasa bersyukur dapat mempelajari bahasa Inggris sebagai bahasa pengantar Komunikasi internasional yang diwujudkan dalam semangat belajar.
    2.3  Menunjukkan perilaku tanggung jawab, pedulikerjasama dan cinta damai dalam melaksanakan komunikasi fungsional. 
    Indikator:
    2.3.1     Menyelesaikan tugas berdasarkan hasil kerja sendiri (dengan kelompok sendiri)
    2.3.2     Menyelesaikan  tugas yang menjadi bagiannya dalam kerja kelompok
    2.3.3     Mempresentasikan hasil kerja kelompok di depan kelas
    3. 4. Membedakan fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan beberapa teks news item lisan dan tulis dengan memberi dan meminta informasi terkait berita sederhana dari koran/radio/TV, sesuai dengan konteks penggunaannya         Indikator:
    3.4.1    Menyebutkan contoh teks news item berbentuk berita sederhana dari koran/radio/TV
    3.4.2    Menjelaskan fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan dariteks news item berbentuk berita sederhana dari koran/radio/TV
    4.4.  Menangkap makna secara kontekstual terkait fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan teks news items lisan dan tulis, dalam bentuk berita sederhana koran/radio/T
              Indikator:
    4.4.1 Mendemonstrasikan teks berita sederhana dari koran/radio/TV.
    4.4.2 Menulis rangkuman teks berita sederhana dari koran/radio/TV.

    C.      Materi Pembelajaran 
    Fungsi Sosial    : Memberitakan kegiatan, kejadian, dan peritiwa yang menarik dan layak menjadi berita kepada pembaca, pemirsa, pendengar

    Struktur Teks:   
    (gagasan utama dan informasi rinci)
             Menguraikan secara ringkas dan padat tentang kejadian, kejadian, peristiwa yang menarik menjadi berita.
             Menguraikan secara lebih rinci tentang kejadian/peristiwa/ kegiatan, pihak yang terlibat atau terkait, waktu, tempat, dsb.
             Menyebutkan sumber berita: komentar, pernyataan, pendapat dari pihak terlibat/terkait, saksi, pihak berwenang, ahli, dsb., tentang yang diberitakan

    Unsur Kebahasaan:      
    (1)   Kata dan ungkapan yang menarik perhatian tentang isi berita pada judul (headline)
    (2)   Penghilangan kata-kata fungsional atau gramatikal (the, a, kata kerja bantu, dll.)
    (3)   Kalimat langsung dengan kutipan, dan kalimat tidak langsung.
    (4)   Kalimat pasif
    (5)   Adverbial dan frasa preposisional tentang waktu, tempat, cara, dll.
    (6)   Penggunaan nominal singular dan plural secara tepat, dengan atau tanpaa, the, this, those, my, their, dsb secara tepat dalam frasa nominal
    (7)   Ucapan, tekanan kata, intonasi
    (8)   Ejaan dan tanda baca
    (9)   Tulisan tangan


    D.      Metode Pembelajaran
    1.         Pendekatan : Scientific Approach
    2.         Model          : Discovery learning
    3.         Strategi        : pengamatan (observasi) diskusi kelompok (berpasangan), penugasan individu
                            
    E.       Media, Alat, dan Sumber Pembelajaran
    1.         Media          : gambar, video, ppt, loadspeaker.
    2.         Alat              : laptop, whiteboard, LCD & proyektor.
    3.         Sumber pembelajaran:
          Bahasa Inggris SMA Kelas XII (Buku Teks Wajib K-13)
          Google.com
          Youtube.com
          Lingkungan sekitar: Nama dan lokasi lingkungan sekitar sekolah

    F.        Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran

    Pertemuan 1

    Pendahuluan  (10 menit )
    1)      Guru memberi salam (greeting); dan mengajak peserta didik untuk berdoa bersama
    2)      Guru memeriksa kehadiran peserta didik;
    3)      Guru menyiapkan  peserta  didik  secara  psikis  dan  fisik  untuk  mengikuti proses   pembelajaran;
    4)      Guru memberi  motivasi  belajar  peserta didik  secara  kontekstual  sesuai  manfaat dan  aplikasi  materi  ajar  dalam  kehidupan  sehari-hari,  dengan memberikan  contoh  dan  perbandingan  lokal,  nasional  dan internasional
    5)      Guru memperkenalkan materi yang akan dipelajari hari ini.

    Kegiatan inti
    Mengamati (15 menit)
    6)      Peserta didik membaca teks berita sederhana dari koran dan majalah, atau buku teks wajib (Buku Bahasa Inggris K13) (news item) tersebut untuk memahami isi pesannya.
    7)      Dengan bimbingan guru, peserta didik mengidentifikasi fungsi sosialnya, struktur teks (termasuk a.l. gagasan utama dan informasi rinci) dari teks berita sederhana dari koran/radio/TV (news item) tersebut.

    Menanya (15 menit)
    8)      Dengan bimbingan dan arahan guru, peserta didik menanyakan dan mempertanyakan tentang fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan dari setiap teks berita sederhana dari koran/radio/TV (news item) tentang orang, binatang, benda, gejala dan peristiwa alam dan sosial tersebut.

    Mengumpulkan data/informasi (35 menit)
    9)      Secara kolaboratif, peserta didik mencari dan mengumpulan beberapa berita sederhana dari koran/radio/TV (news item) dari berbagai sumber, termasuk dari internet, koran, majalah, buku teks, dsb.
    10)  Peserta didik membaca rujukan dari berbagai sumber, termasuk buku teks, untuk mengetahui fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan dari teks berita sederhana dari koran/radio/TV (news item).
    11)  Peserta didik membaca semua berita sederhana dari koran/radio/TV (news item) yang telah terkumpul tsb., secara lebih cermat dengan cara mengidentifikasi dan menyebutkan:
    -    fungsi sosial setiap teks
    -    jenis atau golongan dari obyek yang dipaparkan
    -    nama, bagian-bagian, sifat dan perilaku  yang umum ditemukan/ dilihat
    -    kosa kata, tata bahasa, ucapan, tekanan kata, ejaan, tanda baca yang digun

    Mengasosiasi (15 menit)
    12)  Peserta didik membandingkan fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan dari beberapa teks berita sederhana dari koran/radio/TV (news item) yang telah dikumpulkan dari berbagai sumber tersebut di atas.
    13)  Peserta didik memperoleh balikan (feedback) dari guru dan teman tentang hasil analisis mereka tentang fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan yang digunakan dalam teks berita sederhana dari koran/radio/TV (news item) yang mereka baca.

    Mengomunikasikan (35 menit)
    14)  Peserta didik menyampaikan beberapa teks berita sederhana dari koran/radio/TV (news item) sederhana yang telah dibaca kepada teman-temannya, dengan cara membacakan, bertanya jawab, membahas pandangan masing-masing tentang isi teks berita sederhana tersebut.
    15)  Peserta didik berupaya membaca secara lancar dengan ucapan, tekanan kata, intonasi yang benar dan menulis dengan ejaan dan tanda baca yang benar, serta tulisan yang jelas dan rapi.
    16)  Peserta didik membicarakan permasalahan yang dialami dalam memahami teks berita sederhana dari koran/radio/ TV (news item).

    Penutup (10 menit)
    17)  Peserta didik mendapatkan tugas untuk merangkum teks berita dari koran, majalah atau internet yang berbahasa Inggris
    18)  Peserta didik dan guru melakukan refleksi terhadap kegiatan pembelajaran dan manfaat-manfaatnya.
    19)  Peserta didik dan guru memberikan umpan balik terhadap proses dan hasil pembelajaran.
    20)  Peserta didik dan guru berdoa dan mengucapkkan salam penutup.

    Pertemuan ke 2

    Pendahuluan  (10 menit )
    1)      Guru memberi salam (greeting); dan mengajak peserta didik untuk berdoa bersama
    2)      Guru memeriksa kehadiran peserta didik;
    3)      Guru menyiapkan  peserta  didik  secara  psikis  dan  fisik  untuk  mengikuti proses   pembelajaran;
    4)      Guru memberi  motivasi  belajar  peserta didik  secara  kontekstual  sesuai  manfaat dan  aplikasi  materi  ajar  dalam  kehidupan  sehari-hari,  dengan memberikan  contoh  dan  perbandingan  lokal,  nasional  dan internasional
    5)      Guru mengingatkan tentang materi yang telah dipelajari hari sebelumnya dan menghubungkan dengan materi hari ini.

    Kegiatan inti

    Mengamati (15 menit)
    6)      Peserta didik menyimak video tentang  teks berita sederhana yang diputarkan oleh guru, dan memahami isi pesannya.
    7)      Peserta didik dengan bimbingan guru, mengidentifikasi fungsi sosialnya, struktur teks (termasuk a.l. gagasan utama dan informasi rinci) dari teks berita sederhana dari koran/radio/TV (news item) dalam video tersebut tersebut.

    Menanya (10 menit)
    8)      Dengan bimbingan dan arahan guru, peserta didik menanyakan dan mempertanyakan tentang fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan dari setiap teks berita sederhana dari koran/radio/TV (news item) tentang orang, binatang, benda, gejala dan peristiwa alam dan sosial tersebut.

    Mengumpulkan data/informasi (25 menit)
    9)      Secara kolaboratif, peserta didik membuka lagi beberapa berita sederhana dari koran/radio/TV (news item) dari berbagai sumber, termasuk dari internet, koran, majalah, buku teks, dsb yang telah mereka identifikasi kemarin.
    10)  Peserta didik mencoba memutar video dari guru dalam kelompok dan mencermati dengan cara mengidentifikasi dan menyebutkan:
    -    fungsi sosial setiap teks
    -    jenis atau golongan dari obyek yang dipaparkan
    -    nama, bagian-bagian, sifat dan perilaku  yang umum ditemukan/ dilihat
    -    kosa kata, tata bahasa, ucapan, tekanan kata, ejaan, tanda baca yang digun

    Mengasosiasi (20 menit)
    11)  Membandingkan fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan dari beberapa berita sederhana dari koran/radio/TV (news item) dari berbagai sumber, termasuk dari internet, koran, majalah, buku teks, dsb yang telah mereka identifikasi kemarin.
    12)  Memperoleh balikan (feedback) dari guru dan teman tentang hasil analisis mereka tentang fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan yang digunakan dalam teks berita sederhana dari koran/radio/TV (news item) yang mereka baca.

    Mengomunikasikan (35 menit)
    13)  Menyampaikan beberapa teks berita sederhana dari video dan hasil diskusi dengan kelompoknya, dengan cara antara lain membacakan, bertanya jawab, membahas pandangan masing-masing tentang isi teks ilmiah factual, dsb.
    14)  Berupaya membaca secara lancar dengan ucapan, tekanan kata, intonasi yang benar dan menulis dengan ejaan dan tanda baca yang benar, serta tulisan yang jelas dan rapi.
    15)  Membicarakan permasalahan yang dialami dalam memahami teks berita sederhana dari koran/radio/ TV (news item) dan menuliskannya dalam jurnal belajar sederhana dalam bahasa Indonesia.

    Penutup (15 menit)
    16)  Peserta didik mendapatkan tugas untuk merangkum berita dari youtube (radio/TV) yang berbahasa Inggris
    17)  Peserta didik dan guru melakukan refleksi terhadap kegiatan pembelajaran dan manfaat-manfaatnya.
    18)  Peserta didik dan guru memberikan umpan balik terhadap proses dan hasil pembelajaran.
    Peserta didik dan guru berdoa dan mengucapkkan salam penutup.

    G.      Penilaian
    1.         Pengetahuan
    a.        Teknik Penilaian   Tes Tulis
    b.        Bentuk Instrumen Multiple Choice
    c.         Kisi-kisi                  :
    No.
    Indikator
    Butir Instrumen
    1.               
    Disajikan dalam bentuk soal pilihan ganda, peserta didik diminta untuk menjawab soal-soal tersebut
    Soal terlampir
    d.       Instrumen: Soal terlampir
    e.        Pedoman penskoran: Setiap jawaban benar dikalikan 10

    2.         Keterampilan
    a.        Teknik Penilaian        : Unjuk Kerja
    b.        Bentuk Instrumen      Tes Keterampilan Berbicara dan Menulis
    c.         Rubrik Tes Keterampilan Menulis

    Pemalang , Juli 2018

    Mengetahui

    Kepala Sekolah  SMK Texmaco Pemalang                                        Guru Mapel






                                                                                                                Noor Ita Yulinda, S.Pd




















  2. 1 komentar:

    1. Unknown mengatakan...

      RPP NYA APAKAH ADA MENGGUMAKAN MODEL PEMELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING?SY PERLU RPP NEWS ITEM YG PAKE MODEL PROBLEM BASED LEARNING