Hallo Bapak/ Ibu Guru,
Bagi anda yang membutuhkan RPP ini silahkan dicopas saja.
Kami menyajikan RPP APPLICATION LETTER secara komplit dengan instrumen penilaian.
Jika ada kritik atau saran, silahkan tulis di kolom komentar.
Terima kasih.
Bagi anda yang membutuhkan RPP ini silahkan dicopas saja.
Kami menyajikan RPP APPLICATION LETTER secara komplit dengan instrumen penilaian.
Jika ada kritik atau saran, silahkan tulis di kolom komentar.
Terima kasih.
RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Satuan Pendidikan
:
SMK Texmaco Pemalang
Mata Pelajaran
:
Bahasa Inggris
Kelas/semester
:
XII/1 (satu)
Materi Pokok
:
Application Letters
Alokasi Waktu
:
4 TM (3x45 menit)
A. Kompetensi Inti
KI1 : Menghayati dan mengamalkan
ajaran agama yang dianutnya
KI 2:Menghayati dan mengamalkan
perilaku jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli (gotong royong, kerjasama,
toleran, damai), santun, responsif dan pro-aktif dan menunjukan sikap sebagai
bagian dari solusi atas berbagai permasalahan dalam berinteraksi secara efektif
dengan lingkungan sosial dan alam serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan
bangsa dalam pergaulan dunia
KI 3: Memahami, menerapkan,
menganalisis dan mengevaluasi pengetahuan faktual, konseptual, prosedural dan
metakognitif berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan,
teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan,
kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab fenomena dan kejadian, serta menerapkan
pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan
minatnya untuk memecahkan masalah.
KI 4: Mengolah, menalar, menyaji, dan mencipta
dalam ranah konkret dan ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang
dipelajarinya di sekolah secara mandiri serta bertindak secara efektif dan
kreatif, dan mampu menggunakan metoda sesuai kaidah keilmuan
B.
Kompetensi
Dasar dan Indikator Pencapaian Kompetensi
Kompetensi
Dasar
|
Indikator
Pencapaian Kompetensi
|
1.1
Mensyukuri kesempatan dapat
mempelajari bahasa Inggris sebagai bahasa pengantar komunikasi
International
|
|
1.1
Mengembangkan perilaku santun dan peduli dalam melaksanakan komunikasi antar pribadi dengan guru dan teman.
1.2
Mengembangkan perilaku jujur, disiplin, percaya diri, dan bertanggungjawab dalam melaksanakan komunikasi transaksional dengan guru danteman.
1.3
Mengembangkan perilaku tanggungjawab, peduli, kerjasama, dan cinta damai, dalam melaksanakan komunikasi fungsional.
|
Memberi dan menjawab salam yang diberikan
guru dan teman dengan baik.
Terlibat aktif dalam pembelajaran “Application letters”
Percaya diri dalam menerapkan dan
merespond expresi “Application letters” secara lisan
Bekerjasama dalam kegiatan
berkelompok
|
3.4 Menganalisis fungsi sosial, struktur teks,
dan unsur kebahasaan dari surat lamaran kerja, sesuai dengan konteks
penggunaannya.
|
Menganalisis surat lamaran kerja terkait dengan
struktur bahasa, kosakata dan tenses yang digunakan
|
4.3 Menangkap makna surat lamaran kerja.
4.4 Menyunting surat lamaran kerja, dengan
memperhatikan fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan yang benar
dan sesuai konteks.
4.5 Menyusun surat lamaran kerja, dengan
memperhatikan fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan yang benar
dan sesuai konteks
|
Menganalisis isi dalam surat lamaran kerja
Mencari makna kata-kata/ frase yang umum tersurat
dalam surat lamaran kerja
Menjelaskan gambaran umum, informasi tersirat atau
tersurat dalam sebuah surat lamaran kerja
Menjelaskan perubahan dari kalimat aktif menjadi
kalimat pasif
Menjelaskan bagian dalam surat lamaran kerja
Membuat surat lamaran kerja berdasarkan iklan
lowongan kerja yang diberikan
|
Tujuan
Pembelajaran
Pertemuan 1
Setelah
mengikuti serangkaian kegiatan pembelajaran, peserta didik dapat:
1. Mengidentifikasi
surat lamaran kerja
2. Menganalisis
penggunaan tense, kata-kata atau frase dalam menulis surat lamaran kerja
3. Mengidentifikasi
berbagai informasi yang terdapat dalam surat lamaran kerja
Pertemuan 2
Setelah
mengikuti serangkaian kegiatan pembelajaran, peserta didik dapat:
1. Mengidentifikasi
kalimat pasif
2. Merubah
kalimat aktif menjadi kalimat pasif
Pertemuan 3
Setelah
mengikuti serangkaian kegiatan pembelajaran, peserta didik dapat:
1. Menyebutkan
bagian-bagian dari surat lamaran kerja secara tertulis dengan menggunakan
grammar yang tepat
2. Menentukan
kosakata yang tepat dalam menyusun surat lamaran kerja
3. Melengkapi
text surat lamaran kerja dalam bentuk close test
Pertemuan 3
Setelah
mengikuti serangkaian kegiatan pembelajaran, peserta didik dapat:
1. Mengidentifikasi
iklan lowongan kerja
2. Menentukan
kosakata yang tepat dalam menyusun surat lamaran kerja
3. Menyusun
surat lamaran kerja
Fungsi social
Membuat surat lamaran kerja dengan
baik, untuk membuat pembaca terkesan sehingga mencapai tujuannya.
Struktur teks
Ungkapan yang lazim digunakan oleh
sumber-sumber otentik: surat lamaran kerja
Unsur kebahasaan
1. Kata dan tata bahasa yang lazim
2. Ejaan dan tulisan tangan dan
cetak yang jelas dan rapi
3. Ucapan, tekanan kata, intonasi,
ketika mempresentasikan secara lisan
4.
Rujukan kata Topik Kegiatan atau acara penting dalam kehidupan pribadi siswa,
dengan memberikan keteladanan tentang tanggungjawab dan pro-aktif
E. Metode Pembelajaran
Pendekatan : scientific approach
Metode : Discovery Based Learning
F. Media, Alat, dan Sumber Pembelajaran
1. Media :
PPt
2. Alat :
Whiteboard,
blackboard, spidol/boardmarker, kapur
3. Sumber Pembelajaran : English modul
G. Langkah-Langkah Kegiatan Pembelajaran
Pertemuan 1
Kegiatan Pendahuluan (
15’)
Guru memberi salam;
Guru memimpin doa;
Guru memeriksa kehadiran siswa;
Guru memberi motivasi belajar
siswa secara kontekstual sesuai manfaat dan aplikasi materi ajar dalam
kehidupan sehari-hari;
Guru mengajukan pertanyaan antara
pengetahuan sebelumnya dengan materi yang akan dipelajari;
Contoh : mindmap beberapa tugas dari
beberapa profesi
Guru menjelaskan tujuan
pembelajaran atau kompetensi dasar yang akan dicapai;
Guru menyampaikan cakupan materi
dan uraian kegiatan.
Kegiatan Inti (65’)
Mengamati
Peserta didik mengamati sebuah surat
lamaran kerja
Peserta didik menganalisis
beberapa kata kerja dan frase yang
terdapat dalam teks tersebut
Dengan bimbingan dan arahan guru,
peserta didik mengidentifikasi tenses yang digunakan dalam sebuah
Surat
lamaran kerja
Mempertanyakan
Dengan pengarahan guru, peserta
didik mempertanyakan tentang fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan
dari sebuah surat lamaran kerja
Peserta didik memperoleh
pengetahuan tambahan beberapa kata/frase surat lamaran kerja
Bereksplorasi
Peserta didik dibentuk menjadi kelompok
berpasangan
Peserta didik berdiskusi dengan
kelompoknya dalam menjelaskan informasi gambaran umum, informasi tersirat atau
tersurat dari sebuah surat lamaran kerja
Peserta didik melengkapi kalimat
menggunakan kata-kata/frase tertentu dari surat lamaran kerja
Berkomunikasi
Peserta didik mempresentasikan
hasil diskusi tentang informasi tersurat dan tersirat dalam surat lamaran kerja
Peserta didik menjawab pertanyaan
tentang informasi tersurat dan tersirat dalam surat lamaran kerja
Kegiatan Penutup (
10’)
Guru dan peserta didik melakukan
refleksi terhadap kegiatan pembelajaran
dan manfaat-manfaatnya;
Peserta didik dan guru memberikan
umpan balik terhadap proses dan hasil pembelajaran;
Guru memberikan penugasan berupa
tugas untuk mencari teks surat lamaran kerja beserta pertanyaan yang
menyertainya.
Pertemuan
ke 2
Kegiatan Pendahuluan (
15’)
Guru memberi salam;
Guru memimpin doa;
Guru memeriksa kehadiran siswa;
Guru memberi motivasi belajar
siswa secara kontekstual sesuai manfaat dan aplikasi materi ajar dalam
kehidupan sehari-hari;
Guru mengajukan pertanyaan antara
pengetahuan sebelumnya dengan materi yang akan dipelajari;
Guru menjelaskan tujuan
pembelajaran atau kompetensi dasar yang akan dicapai;
Guru menyampaikan cakupan materi
dan uraian kegiatan.
Kegiatan Inti (
65’)
Mengamati
Peserta didik mengamati teks surat lamaran kerja dan beberapa kalimat
aktif dan kalimat pasif
Mengasosiasikan
Peserta didik berdiskusi dengan
kelompoknya perubahan bentuk dari kalimat aktif dan kalimat pasif
Berkomunikasi
Peserta didik mempresentasikan
hasil diskusi tentang perubahan dari kalimat aktif ke kalimat pasif
Peserta didik merubah kalimat
aktif menjadi kalimat pasif
Peserta didik mengungkapkan
hal-hal yang sulit dan mudah dilakukan dalam isi dari bagian surat lamaran
kerja
Kegiatan Penutup (10’)
Guru dan peserta didik melakukan
refleksi terhadap kegiatan pembelajaran
dan manfaat-manfaatnya;
Peserta didik dan guru memberikan
umpan balik terhadap proses dan hasil pembelajaran;
Guru memberikan penugasan berupa
tugas mandiri yang ada dalam buku
pegangan siswa;
Guru menyampaikan informasi
tentang rencana kegiatan pembelajaran untuk pertemuan berikutnya;
Guru dan peserta didik
mengucapkan salam perpisahan.
Pertemuan 3
Kegiatan Pendahuluan (
15’)
Guru memberi salam;
Guru memimpin doa;
Guru memeriksa kehadiran siswa;
Guru memberi motivasi belajar
siswa secara kontekstual sesuai manfaat dan aplikasi materi ajar dalam
kehidupan sehari-hari;
Guru mengajukan pertanyaan antara
pengetahuan sebelumnya dengan materi yang akan dipelajari;
Contoh : mindmap beberapa tugas dari
beberapa profesi
Guru menjelaskan tujuan
pembelajaran atau kompetensi dasar yang akan dicapai;
Guru menyampaikan cakupan materi
dan uraian kegiatan.
Kegiatan Inti (65’)
Mengamati
Peserta didik mengamati sebuah
surat lamaran kerja
Peserta didik menganalisis
beberapa kata kerja dan frase yang
terdapat dalam teks tersebut
Dengan bimbingan dan arahan guru,
peserta didik mengidentifikasi tenses yang digunakan dalam sebuah
Surat
lamaran kerja
Mempertanyakan
Dengan pengarahan guru, peserta
didik mempertanyakan tentang fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan
dari sebuah surat lamaran kerja
Peserta didik memperoleh
pengetahuan tambahan beberapa kata/frase surat lamaran kerja
Bereksplorasi
Peserta didik dibentuk menjadi
kelompok berpasangan
Peserta didik berdiskusi dengan
kelompoknya untuk membuat 5 pertanyaan mengenai informasi gambaran umum, informasi tersirat
atau tersurat, serta sinonim dari sebuah
surat lamaran kerja
Mengasosiasi
Peserta didik bertukar pertanyaan
dan menjawab pertanyaan yang telah dibuat kelompok lain mengenai surat lamaran
kerja
Mengkomunikasikan
Peserta didik mempresentasikan
jawaban dari pertanyaan yang telah
dibuat kelompok lain mengenai surat lamaran kerja
Kegiatan Penutup (
10’)
Guru dan peserta didik melakukan
refleksi terhadap kegiatan pembelajaran
dan manfaat-manfaatnya;
Peserta didik dan guru memberikan
umpan balik terhadap proses dan hasil pembelajaran;
Guru memberikan penugasan berupa
tugas untuk mencari teks surat lamaran kerja beserta pertanyaan yang
menyertainya.
Pertemuan
ke 4
Kegiatan Pendahuluan (
15’)
Guru memberi salam;
Guru memimpin doa;
Guru memeriksa kehadiran siswa;
Guru memberi motivasi belajar
siswa secara kontekstual sesuai manfaat dan aplikasi materi ajar dalam
kehidupan sehari-hari;
Guru mengajukan pertanyaan antara
pengetahuan sebelumnya dengan materi yang akan dipelajari;
Guru menjelaskan tujuan
pembelajaran atau kompetensi dasar yang akan dicapai;
Guru menyampaikan cakupan materi
dan uraian kegiatan.
Kegiatan Inti (
65’)
Mengamati
Peserta didik mengamati sebuah lowongan kerja dan surat lamaran kerja
Mengasosiasikan
Peserta didik berdiskusi dengan
kelompoknya mengenai isi lowongan kerja tersebut
Peserta didik berdiskusi dengan
kelompoknya mengenai surat lamaran kerja dari lowongan tersebut
Berkomunikasi
Peserta didik menyusun surat
lamaran kerja
Peserta didik mengungkapkan
hal-hal yang sulit dan mudah dilakukan dalam isi dari bagian surat lamaran
kerja
Kegiatan Penutup (10’)
Guru dan peserta didik melakukan
refleksi terhadap kegiatan pembelajaran
dan manfaat-manfaatnya;
Peserta didik dan guru memberikan
umpan balik terhadap proses dan hasil pembelajaran;
Guru memberikan penugasan berupa
tugas mandiri yang ada dalam buku
pegangan siswa;
Guru menyampaikan informasi
tentang rencana kegiatan pembelajaran untuk pertemuan berikutnya;
Guru dan peserta didik
mengucapkan salam perpisahan.
H. Penilaian
Penilaian Pengetahuan
a.
Tehnik penilaian : tes tulis
b.
Bentuk instrumen : Reading Comprehension
c.
Kisi-kisi :
No
|
Kisi-kisi
Pencapaian Indikator
|
Disajikan
beberapa text surat lamaran kerja, siswa mencari informasi tentang informasi
tersirat dan tersurat dalam beberapa text surat lamaran kerja
Disajikan
sebuah text siswa melengkapi text surat lamaran kerja dalam bentuk close test
|
d.
Format penilaian
Scoring
= (Betul x 10)/1.5
No
|
Nama
|
Skor
|
Predikat
|
4. Penilaian Keterampilan
a.
Tehnik penilaian : tes lisan
b.
Bentuk instrumen : tes ketrampilan menulis
c.
Kisi-kisi :
No
|
Kisi-kisi
Pencapaian Indikator
|
Disajikan sebuah iklan lowongan kerja, siswa
dapat menjelaskan isi iklan tersebut dan membuat surat lamarn kerja yang
tepat
|
d.
Instrumen : lihat lampiran
e.
Rubrik tes ketrampilan membaca :
Aspek
|
Keterangan
|
Skor
|
Pengucapan
Pronouncing
|
- hampir
sempurna
- ada
kesalahan tapi tidak mengganggu makna
- ada
beberapa kesalahan dan cukup mengganggu makna
- banyak
kesalahan yang menggangu makna
|
4
3
2
1
|
Pemahaman
Understanding
|
sangat
memahami
- memahami
- cukup
memahami
- kurang
memahami
|
4
3
2
1
|
f.
Format penilaian ketrampilan membaca :
No
|
Nama
|
Aspek
|
Skor
|
Predikat
|
Pengucapan
|
Pemahaman
|
|||
Pemalang
, Juli 2018
Mengetahui
Kepala
Sekolah SMK Texmaco Pemalang Guru
Mapel
Noor
Ita Yulinda, S.Pd
Lampiran :
Instrumen Pengetahuan
Close Test
Choose the corect answer
Questions 1- 2
refer to the following text
April 1, 2014
Richard Byron
Acme Supply Company
Annandale. MD
Richard Byron
Acme Supply Company
Annandale. MD
Dear Mr. Byron,
I am writing I response to your ad
in last Sunday’s newspaper about the position of office manager. I have worked
as an ( 1 ) … assistant at several local companies for the past ten years. I
thoroughly understand the operations in an office and fell that my years of experience
enable me to work as an office manager. I have (2)… several computer courses
and am familiar with most current office technology. In addition, I have got
organization and people skills, and my employers have always considered me to
be a responsible and reliable worker. I am enclosing my resume and two letters
of reference. I look forward to hearing from you.
Sincerely,
Andrew Dooker
1. A.
administrative
B. conservative C. reparative D. retelling |
2. A.
given
B. taken C. required D. registered |
Questions 3- 5
refer to the following text
Jl.
Perjuangan Karawaci, 204
January 31, 2013
The Director of EF EF English First Karawaci
Tangerang 15811 (021) 553 5566
In
accordance with your advertisement at Jobstreet.com at January 31, 2013, I am
really interested …(3) this position
as a Course Consultant in English First due to my qualified background as you
requires.
I have a fluent ability in both spoken and written
English because I am the youngest English teacher at SMAN 1 Tangerang. I won
many English debates when I was in senior high school. For further details, you
will be fascinated if you read my resume. Furthermore, I have been living
around Karawaci since teaching English in Tangerang. This may be a good (4)…
for me to concentrate in this position.
I
(5) … to meeting you and am encouraged
to be interviewed soon. I can be reached at the above phone number. Finally, I
greatly appreciate your consideration.
Sincerely
Ahmad
Fathoni
3.
A. on applying
B. in applying
C. at applying
D. of
applying
|
4
A.
reason
B.
deal
C.
change
D.
chance
|
5.
A. look at
B. look into
C. look for
D. look forward
|
Reading Comprehension
Question : 6 to 9
You have to
choose the best answer to each question and mark ( A ), ( B ), ( C ), or ( D)
Ampers Street 78
Pekanbaru
January
11, 2015
The Personnel Manager
Borland’s Food
PO BOX 2300
Jakarta 10117
Dear Sir/Madam.
I am applying for the position of
Quality Controller advertised in the Jakarta Post On December 15, 2014
I have had wide experience in this
kind of work for 5 years and I have completed training in computerized stock
control. I believe that my experience and knowledge would be suitable for the
position.
Copies of my resume and references
are attached. I am able to go to an interview at your convenience.
Your faithfully
Amri Hasan
- What
is the purpose of the letter on page?
A.
To tell her that the writer is form
Pekanbaru
B.
To tell that the writers is
attaching a resume and references
C.
To apply for the Quality Controller
position
D.
To complete the computer training
- What
is the synonym of the word convenience in paragraph five?
A.
Convene
C. Converge
B.
Punctual time D. Best time
- Who
did the writer this letter to?
a)
Borland’s C. Personnel Manager
b)
Amri Hasan D. Quality Controller
- What
is the reason for the writer to apply for this position?
a)
Because he has several years of
experiences in the same position
b)
Because he has copies of his resume
and references
c)
Because he wants to go to Jakarta
d)
Because his is able to attend the
interview.
Question : 10 to 15
225 New Station Road,
Agra
March
2, 2015
To : HR Manager
Navajivan Trading Co.
Agra
Dear Sir,
In responsive to your advertisement
in “The Times of India” of today that you are looking for enterprising and
capable men who can do market research for you, I respectfully offer myself
offer my self as a candidate for the post. I have given below in brief my
qualifications and experience for your kind consideration.
I
am diploma holder of commercial course from S.D. College of Commerce, Agra, and
took marketing as my special subject of study.
I
have worked as a field investigator with Messr Kirpal Marketing and Trading
Co., Agra for about two years with a salary of Rs. 1,800 and has the privilege
of winning laurels from my superiors in regard to my work as well as my general
conduct.
I
am a young man of 24 years and possess good health and personality. I have
pleasant manners, a hard working disposition and I am very capable of doing
outdoor jobs. I am unmarried and can be posted to any area for market study. I
can speak Hindi, Punjabi, English, and some southern languages, too I can join
your company immediately.
Your faithfully
B.K. Balla
10.
What position is Bhalla applying
for?
- A
candidate for a reporter in The Times of India
- A
candidate for a market researcher
- A candidate for a field investigator
- A
candidate for a university lecturer
11.
What will the company most probably
do before inviting Bhalla to an interview
a.
Ask him to hold a press conference
b.
Admit him directly as a new employee
c.
Find information from his former employer
d.
Send back his application letter without notice
12.
“I have given below in brief my
qualifications….” (paragraph 1, page 76)
The
antonym of the underlined phrase is ….
A.
long C. concise
B.
short D. simple
Question : 13 to 15
Jalan Balai Raya
East Jakarta
April 2, 2015
Ms. Dina Siregar
Directory of Administration
Navaro Inc.
Jalan Edelweis 27
Dear Ms. Siregar
Your advertisement in the March 30 issue of the “Republika” was
interesting because I believe I have the proven skills you require for an
administrative assistant position.
I am Linda Tania and I’m 22 years old. I recently completed a one year
of the Apple Computer System. My specialization skills have proven valuable in
my work over the past eight months as an assistant to the chief accountant at
the Galaxy Building. Since proven skills are best explained in person I
would appreciate an interview with you. Please call me in the afternoon between
2 and 5 p.m at (021) 4711756 to let me know the day and time that is most
convenient for you.
Sincerely,
Linda Tania
13.
What position is needed?
- Receptionist C.
Interviewer
- Chief
accountant D.
Administrative assistant
14.
What is the applicant hoping for by
sending the letter?
A.
She will be a manager C. She will start training
B.
She will receive the salary D.
She will be interviewed
15.
“proven skills…” (line 5). The word
‘proven’ has the closest meaning to….
A.
acknowledge
B.
external
C.
internal
D.
outcome
thank you, it's very helpful.