Asaalammualaikum Bapak / Ibu Guru,
Bila anda membutuhkan perangkat mengajar terutama pelajaran Bahasa Inggris, silahkan dicopas saja. Kami membantu dengan menyajikan RPP sesuai Kurikulum terbaru. RPP ini juga disertai instrumen penilaian sikap, ketrampilan serta pengetahuan.
Bila ada kritik dan saran, mohon isi kolom komentar.
Semoga bermanfaat!
Bila anda membutuhkan perangkat mengajar terutama pelajaran Bahasa Inggris, silahkan dicopas saja. Kami membantu dengan menyajikan RPP sesuai Kurikulum terbaru. RPP ini juga disertai instrumen penilaian sikap, ketrampilan serta pengetahuan.
Bila ada kritik dan saran, mohon isi kolom komentar.
Semoga bermanfaat!
RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Satuan
Pendidikan : SMK
Texmaco Pemalang
Mata Pelajaran : Bahasa Inggris
Kelas/semester : XII/1 (satu)
Materi Pokok : Offering Help
Alokasi Waktu :4 JP (4 x 45 menit)
A. Kompetensi
Inti
KI1
: Menghayati dan mengamalkan ajaran
agama yang dianutnya
KI 2 :
Menghayati dan mengamalkan perilaku jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli
(gotong royong, kerjasama, toleran, damai), santun, responsif dan pro-aktif dan
menunjukan sikap sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan dalam
berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta dalam
menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia
KI 3 :
Memahami, menerapkan, menganalisis dan mengevaluasi pengetahuan faktual,
konseptual, prosedural dan metakognitif berdasarkan rasa ingin tahunya tentang
ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan
kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab fenomena
dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang
spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah.
KI 4 :
Mengolah, menalar, menyaji, dan mencipta dalam ranah konkret dan ranah abstrak
terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri
serta bertindak secara efektif dan kreatif, dan mampu menggunakan metoda sesuai
kaidah keilmuan
B. Kompetensi
Dasar dan Indikator Pencapaian Kompetensi
Kompetensi
Dasar
|
Indikator
Pencapaian Kompetensi
|
1.1 Mensyukuri
kesempatan dapat mempelajari bahasa Inggris sebagai bahasa pengantar
komunikasi International
|
Siswa dapat menunjukkan sikap bersyukur, aktif, dalam mempelajaru
bahasa inggris.
|
1.1
Mengembangkan perilaku santun dan peduli dalam melaksanakan komunikasi antar pribadi dengan guru dan teman.
1.2
Mengembangkan perilaku jujur, disiplin, percaya diri, dan bertanggungjawab dalam melaksanakan komunikasi transaksional dengan guru danteman.
1.3
Mengembangkan perilaku tanggungjawab, peduli, kerjasama, dan cinta damai, dalam melaksanakan komunikasi fungsional.
|
Siswa dapat menunjukkan sikap tanggung jawab, peduli, kerjasama dan
cinta damai dalam melaksanakan komunikasi fungsional
|
3.1 Menganalisis fungsi sosial,
struktur teks, dan unsure kebahasaan pada ungkapan
menawarkan jasa, serta responnya, sesuai dengan konteks penggunaannya.
|
Mengidentifikasi
tujuan teks ungkapan
ucapan menawarkan
jasa
Menemukan
ungkapan ucapan menawarkanjasa
Mengidentifikasi
unsur kebahasaan
ungkapan
ucapan menawarkan jasa
|
4.1 Menyusun
teks lisan dan tulis untuk mengucapkan dan merespon ungkapan menawarkan jasa, dengan memperhatikan fungsi sosial,
struktur teks, dan unsur kebahasaan yang benar dan sesuai konteks.
|
Melengkapi
teks percakapan tentang
ungkapan yang
berisi ucapan menawarkan jasa
Menyusun teks
percakapan tentang
ungkapan yang
berisi ucapan menawarkan jasa
Mendemonstrasikan
dialog tentang menawarkan jasa
|
Tujuan
Pembelajaran
Pertemuan 1
Setelah
mengikuti serangkaian kegiatan pembelajaran, peserta didik dapat:
1. Mengidentifikasi
tujuan teks ungkapan ucapan menawarkan jasa
2. Mengidentifikasi
unsur kebahasaan ungkapan ucapan menawarkan jasa
3. Menyebutkan ungkapan ucapan menawarkan jasa
4. Melengkapi
teks percakapan tentang ungkapan yang berisi ucapan menawarkan jasa
Pertemuan 2
Setelah
mengikuti serangkaian kegiatan pembelajaran, peserta didik dapat:
1. Menyusun
dialog berisi ungkapan ucapan menawarkan
jasa
2. Mendemonstrasikan
ungkapan ucapan menawarkan jasa
Materi Pembelajaran
Faktual : Teks lisan dan tertulis berbentuk dialog menawarkan jasa dan meminta perhatian yang sering
diucapkan sehari hari.
Konseptual : Fungsi sosial :
Menjaga
hubungan interpersonal dengan guru, teman, dan orang lain.
Prosedural : Struktur
Teks :
(1) Pengenalan deskripsi umum dialog tentang menawarkan jasa
(2) Pengenalan deskripsi khusus ungkapan-ungkapan dalam menawarkan jasa serta responnya
Unsur Kebahasaan :
(1) Kata-kata terkait dari dialog menarakan jasa dan meminta perhatian
(2) Simple present tense.
(3) Ucapan, tekanan kata, intonasi,
ketika mempresentasikan secara lisan
(4) Rujukan kata
Metakognitif : Teks buatan siswa secara lisan/tulisan
Reading
Dialogue
Dialogue for asking for Help
At the Travel Agency
Tina:
Good afternoon, Sir. What can I do for you?
Bob:
Could you give me some details about your package tours?
Tina:
Certainly. Would you like to see our brochures? Here they are. (hands him the brochures)
Bob:
Thank you. (after going through the brochures) Well, this 10-day Bali tour
seems to be an interesting one.
Tina:
We could book your tickets if you like.
Bob:
Oh yes. But not for me alone. I want three tickets to be booked.
Tina:
Sure, we can do it. Please fill in these forms.
Bob:
Thank you.
Tina:
Would you like us to send the tickets to you by post or would you like to
collect them personally?
Bob:
Can I take them on next Wednesday?
Tina:
Sure, we’ll keep them ready for you.
Bob:
Thank you.
Tina:
It’s our pleasure, Sir.
Learning English Conversations and please practice the dialogues by using useful phrases
below:
Offering
help
|
Accepting
an offer help
|
Declining
an offer of help
|
Can I
help you?
|
If it’s no trouble for you.
|
I’m very grateful to you for your
offer, but…
|
Could I
help you?
|
If you don’t mind.
|
No, don’t worry (about)…
|
Do you
think I/ we can help you?
|
Oh, yes. Please.
|
No, I can manage. Thank you.
|
How
about…?
|
Etc.
|
No, please don’t bother.
|
I’ll do
it for you.
|
Thank you very much for your
offer, but…
|
|
If there
is anything I/ we can do, please do let me/ us kno.
|
Etc.
|
|
Is there
anything I can do?
|
||
May I
help you?
|
||
What can
I do for you?
|
||
Etc.
|
Unsur Kebahasaan:
- Ungkapan ucapan menawarkan jasa
- Pemahaman
- Kosa kata
- Tata bahasa
- Ejaan
Topik :
Keteladanan tentang perilaku peduli dan cinta damai.
E. Metode
Pembelajaran
Pendekatan : scientific approach
Metode : Discovery Based Learning
Strategi : Menyimak, diskusi kelompok, studi pustaka, penugasan
individu dan kelompok (proyek)
F. Media, Alat,
dan Sumber Pembelajaran
1. Media
PPt
2. Alat
Whiteboard, , spidol/boardmarker, kapur
3. Sumber
Pembelajaran
English modul
G.
Langkah-Langkah Kegiatan Pembelajaran
Pertemuan 1
Kegiatan
Pendahuluan
Guru
memberi salam;
Guru
memimpin doa;
Guru
memeriksa kehadiran siswa;
Guru
memberi motivasi belajar siswa secara kontekstual sesuai manfaat dan
aplikasi materi ajar dalam kehidupan sehari-hari;
Guru
mengajukan pertanyaan antara pengetahuan sebelumnya dengan materi yang akan
dipelajari;
Guru
menjelaskan tujuan pembelajaran atau kompetensi dasar yang akan dicapai;
Guru
menyampaikan cakupan materi dan uraian
kegiatan.
Kegiatan Inti
Mengamati (10’)
Peserta
didik menyimak beberapa dialog yang didalamnya terdapat ucapan menawarkan
jasa (factual)
Peserta didik mendiskusikan deskripsi umum dan khusus yang disajikan guru
(konseptual)
Peserta didik mengamati hal-hal
yang menonjol dari dialog terkait dengan ungkapn danresponnya (faktual)
Peserta didik belajar menemukan
gagasan utama, informasi rinci dan informasi tertentu dari dialog (prosedural)
peserta didik membuat daftar kata sulit yang pernah didengar
atau dibaca (metakognitif)
Mempertanyakan
(15’)
Dengan
pengarahan guru, peserta didik mempertanyakan tentang fungsi sosial, struktur
teks, dan unsur kebahasaan dari ungkapan menawarkan jasa (konseptual)
Peserta
didik memperoleh pengetahuan tambahan tentang ungkapan ucapan menawarkan jasa, fungsi sosial,
struktur teks, dan unsur kebahasaan.
Bereksplorasi (
25’)
Peserta
didik dibentuk menjadi beberapa kelompok (3-4 anak);
Peserta
didik berdiskusi dengan kelompoknya terkait gagasan utama, informasi terusat
dan tersirat dari beberapa dialog yang telah dibaca.
Mengasosiasi/
Menganalisis (25’)
Dengan
bimbingan guru, peserta didik berdiskusi dengan kelompoknya untuk menjawab pertanyaan terkait
teks yang telah dibaca;
Peserta
didik memperoleh balikan (feedback) dari guru dan temannya tentang setiap
yang dia sampaikan dalam diskusi.
Peserta
didik melengkapi dialog tentang
menawarkan jasa
Berkomunikasi
(35’)
Peserta
didik mempresentasikan hasil diskusi kelompok mengenai isi teks di depan kelas;
Peserta
didik memperoleh balikan dari guru dan teman tentang hasil pekerjaan yang
telah dipresentasikan;
Peserta
didik diminta menyebutkan ungkapan ucapan
menawarkan jasa yang ada dalam teks secara
individu;
Peserta
didik mengungkapkan hal-hal yang sulit dan mudah dilakukan terkait materi
ungkapan menawarkan jasa
Kegiatan Penutup
(10’)
Guru dan peserta didik melakukan
refleksi terhadap kegiatan pembelajaran
dan manfaat-manfaatnya;
Peserta didik dan guru memberikan
umpan balik terhadap proses dan hasil pembelajaran;
Guru memberikan penugasan berupa
tugas mandiri yang ada dalam buku pegangan
siswa;
Guru menyampaikan informasi
tentang rencana kegiatan pembelajaran untuk pertemuan berikutnya;
Guru dan peserta didik
mengucapkan salam perpisahan.
Pertemuan 2
Kegiatan Pendahuluan
(10’)
Guru
memberi salam;
Guru
memimpin doa;
Guru
memeriksa kehadiran siswa;
Guru
memberi motivasi belajar siswa secara kontekstual sesuai manfaat dan aplikasi
materi ajar dalam kehidupan sehari-hari;
Guru
mengajukan pertanyaan antara pengetahuan sebelumnya dengan materi yang akan
dipelajari;
Guru
menjelaskan tujuan pembelajaran atau kompetensi dasar yang akan dicapai;
Guru
menyampaikan cakupan materi dan uraian
kegiatan.
Kegiatan Inti
Mengamati (15’)
Peserta
didik mengamati beberapa
video tentang menawarkan jasa
Dengan
bimbingan dan arahan guru, peserta didik mengidentifikasi isi teks dan
menghubungkannya dengan ungkapan
menawarkan jasa
Mempertanyakan
(15’)
Dengan
pengarahan guru, peserta didik mempertanyakan tentang fungsi sosial, struktur
teks, dan unsur kebahasaan dari ungkapan menawarkan jasa
Peserta
didik memperoleh pengetahuan tambahan tentang ungkapan ucapan menawarkan jasa, fungsi sosial,
struktur teks, dan unsur kebahasaan dari video
Mengasosiasi/
Menganalisis (40’)
Peserta
didik dibentuk menjadi berpasang-pasangan
Peserta
didik berdiskusi untuk menyusun dialog yang mengungkapan penawaran jasa/bantuan.
Peserta
didik merespon dialog yang mengungkapan penawaran jasa/bantuan dalam sebuah
bagian listening question Response
Berkomunikasi
(35’)
Peserta didik mendemonstrasikan
dialog di depan kelas;
Peserta didik memperoleh balikan
dari guru dan teman tentang hasil pekerjaan yang
telah
dipresentasikan;
Peserta didik mengungkapkan hal-hal yang sulit dan mudah
dilakukan terkait materi ungkapan menawarkan
jasa
Kegiatan Penutup
(15’)
Guru dan peserta didik melakukan
refleksi terhadap kegiatan pembelajaran
dan manfaat-manfaatnya;
Peserta didik dan guru memberikan
umpan balik terhadap proses dan hasil pembelajaran;
Guru memberikan penugasan berupa
tugas mandiri yang ada dalam buku
pegangan siswa;
Guru menyampaikan informasi
tentang rencana kegiatan pembelajaran untuk pertemuan berikutnya;
Guru dan peserta didik mengucapkan
salam perpisahan.
H. Penilaian
1. Penilaian
Sikap Spiritual
a. Teknik Penilaian : Tertulis
b. Bentuk Instrumen : Learning Journal
Pemalang , Juli
2018
Mengetahui
Kepala
Sekolah SMK Texmaco Pemalang Guru
Mapel
Noor
Ita Yulinda, S.Pd
LAMPIRAN
No
|
Sikap/ Nilai
|
Butir
Instrumen
|
Menulis
learning log tentang kesyukuran berkesempatan belajar Bahasa Inggris
|
Lihat lampiran
|
d. Instrumen :
lihat lampiran
e. Rubrik
Penilaian Sikap Spiritual :
No
|
Indikator
|
Sikap
|
Menggunakan 8
kata positif dan dua diantaranya adalah kata “God” dan “Thank”
|
4
|
|
Menggunakan 6
kata positif dan dua diantaranya adalah kata “God” dan “Thank”
|
3
|
|
Menggunakan 4
kata positif dan dua diantaranya adalah kata “God” dan “Thank”
|
2
|
|
4. Menggunakan
kurang dari 4 kata positif tanpa kata “God” dan “Thank” 1
|
1
|
Format penilaian
sikap spiritual :
No
|
Nama
|
Skor
|
Predikat
|
2. Penilaian
Sikap Sosial
a. Teknik Penilaian : pengamatan
b. Bentuk Instrumen : uraian bebas
c. Rubrik Penilaian Sikap Sosial :
No
|
Sikap
|
Indikator
|
Skor
|
Predikat
|
1
|
Kerjasama
|
Selalu
bekerjasama dengan partnernya
dalam
mengerjakan tugas
|
4
|
SB
(sangat baik)
|
Sering
bekerjasama dengan partnernya
dalam
mengerjakan tugas
|
3
|
B
( Baik)
|
||
Kadang-kadang
bekerjasama dengan
partnernya
dalam mengerjakan tugas
|
2
|
C
(Cukup)
|
||
Tidak pernah
bekerjasama dengan
partnernya
dalam mengerjakan tugas
|
1
|
D
( Kurang)
|
||
2
|
Tanggung Jawab
|
Selalu
bertanggungjawab dalam
mengerjakan
tugas
|
4
|
SB
(sangat baik)
|
Sering
bertanggungjawab dalam
mengerjakan
tugas
|
3
|
B
( Baik)
|
||
Kadang-kadang
bertanggungjawab dalam mengerjakan tugas
|
2
|
C (Cukup)
|
||
Tidak pernah
bertanggungjawab dalam
mengerjakan
tugas
|
1
|
D ( Kurang)
|
d. Format
Penilaian Sikap Sosial:
No
|
Nama
|
Aspek
|
Skor
|
Predikat
|
|
Kerjasama
|
Bertanggung
Jawab
|
||||
3. Penilaian
Pengetahuan
a. Tehnik
penilaian : tes tulis
b. Bentuk
instrumen : Melengkapi Dialog
c. Kisi-kisi :
No
|
Kisi-kisi
Pencapaian Indikator
|
Disajikan
beberapa incomplete dialog siswa diminta melengkapi dan merespon dialog
secara tepat
|
Scoring: Betul x
10
d. Format
penilaian
No
|
Nama
|
Skor
|
Predikat
|
4. Penilaian
Keterampilan
a. Tehnik
penilaian : tes lisan
b. Bentuk instrumen
: tes ketrampilan speaking
c. Kisi-kisi :
No
|
Kisi-kisi
Pencapaian Indikator
|
Disajikan
sebuah teks, siswa dapat menjelaskan isi teks tersebut
|
|
Siswa
mendemosnstrasikan dialog yang mereka buat tentang penawaran bantuan/jasa
|
d. Rubrik tes
ketrampilan speaking :
RUBRIK
PENILAIAN SPEAKING
|
||||||
ASPEK
|
SKOR
|
KETERANGAN
|
||||
Pengucapan |
5
|
□
|
Mudah dipahami dan memiliki aksen
penutur asli
|
|||
4
|
□
|
Mudah dipahami meskipun dengan
aksen tertentu
|
||||
3
|
□
|
Ada masalah pengucapan yang
membuat pendengar harus konsentrasi penuh dan kadang-kadang ada
kesalahpahaman
|
||||
2
|
□
|
Sulit dipahami karena ada masalah
pengucapan, sering diminta mengulang
|
||||
1
|
□
|
Masalah pengucapan serius sehingga
tidak bisa dipahami
|
ASPEK
|
SKOR
|
KETERANGAN
|
|||
Tata Bahasa |
5
|
□
|
Tidak ada atau sedikit kesalahan
tata bahasa
|
||
4
|
□
|
Kadang-kadang membuat kesalahan
tata bahasa tetapi tidak mempengaruhi makna
|
|||
3
|
□
|
Sering membuat kesalahan tata
bahasa yang mempengaruhi makna
|
|||
2
|
□
|
Banyak kesalahan tata bahasa yang
menghambat makna dan sering menata ulang kalimat
|
|||
1
|
□
|
Kesalahan tata bahasa begitu parah
sehingga sulit dipahami
|
ASPEK
|
SKOR
|
KETERANGAN
|
|||
Kosa Kata |
5
|
□
|
Menggunakan kosa kata dan ungkapan
seperti penutur asli
|
||
4
|
□
|
Kadang-kadang menggunakan kosa
kata yang tidak tepat
|
|||
3
|
□
|
Sering menggunakan kosa kata yang
tidak tepat, percakapan menjadi terbatas karena keterbatasan kosa kata
|
|||
2
|
□
|
Menggunakan kosa kata secara salah
dan kosa kata terbatas sehingga sulit dipahami
|
|||
1
|
□
|
Kosa kata sangat terbatas sehingga
percakapan tidak mungkin terjadi
|
ASPEK
|
SKOR
|
KETERANGAN
|
|||
Kelancaran |
5
|
□
|
Lancar seperti penutur asli
|
||
4
|
□
|
Kelancaran tampak sedikit
terganggu oleh masalah bahasa
|
|||
3
|
□
|
Kelancaran agak banyak terganggu
oleh masalah bahasa
|
|||
2
|
□
|
Sering ragu-ragu dan terhenti
karena keterbatasan bahasa
|
|||
1
|
□
|
Bicara terputus-putus dan terhenti
sehingga percakapan tidak mungkin terjadi
|
ASPEK
|
SKOR
|
KETERANGAN
|
|||
Pemahaman |
5
|
□
|
Memahami semua tanpa mengalami
kesulitan
|
||
4
|
□
|
Memahami hampir semuanya, walau
ada pengulangan pada bagian tertentu
|
|||
3
|
□
|
Memahami sebagian besar apa yang
dikatakan bila bicara agak diperlambat walau ada pengulangan
|
|||
2
|
□
|
Susah mengikuti apa yang
dikatakan.
|
|||
1
|
□
|
Tidak bisa memahami walaupun
percakapan sederhana
|
LEMBAR
PENILAIAN READING ALOUD
Nama
siswa
: _________________________
Kelas : _________________________ |
||||||||||||||
ASPEK
|
SKOR
|
TOTAL
|
||||||||||||
50
|
60
|
70
|
80
|
|||||||||||
1. Fluency
|
||||||||||||||
2. Accuracy
|
||||||||||||||
3. Pronunciation
|
||||||||||||||
4. Intonation
|
||||||||||||||
Keterangan untuk :
|
||||||||||||||
1. Fluency
2. Accuracy 3. Pronunciation 4. Intonation |
50 60
70 80 50 60 70 80 50 60 70 80 50 60 70 80 |
: :
: : : : : : : : : : : : : : |
Bila terjadi hesitasi Lancar,
tetapi masih ada hesitasi
Lancar Sangat lancar Semua ucapan tidak dapat dipahami Sebagian kecil ucapan sudah dapat dipahami Sebagain besar ucapan sudah dapat dipahami Semua ucapan dapat dipahami Hampir semua ucapan tidak benar Sebagian kecil ucapan sudah benar Sebagian besar ucapan benar Semua ucapan benar Tekanan/irama semua kata salah Tekanan/irama sebagian kecil kata benar Tekanan/irama sebagian besar kata benar Tekanan/irama semua kata, frasa, kalimat benar |
|||||||||||
f. Format
penilaian ketrampilan membaca :
No
|
Nama
|
Aspek
|
Skor
|
Predikat
|
Pengucapan
|
Pemahaman
|
|||
Konversi
Kompetensi Sikap, Pengetahuan, dan Keterampilan :
Predikat
|
Nilai
Kompetensi
|
||
Pengetahuan
|
Keterampilan
|
Sikap
|
|
A
|
4
|
4
|
SB
(sangat baik)
|
A-
|
3.66
|
3.66
|
|
B+
|
3.33
|
3.33
|
B
( Baik)
|
B
|
3
|
3
|
|
B-
|
2.66
|
2.66
|
|
C+
|
2.33
|
2.33
|
C
(Cukup)
|
C
|
2
|
2
|
|
C-
|
1.66
|
1.66
|
|
D+
|
1.33
|
1.33
|
D
( Kurang)
|
D-
|
1
|
1
|
Lampiran :
Instrumen Penilaian Sikap Spiritual
Instrumen
Penilaian Pengetahuan
From the options
A, B, and C, choose the form that best fits the function state, to complete the
dialogue below.
1.
Susi: The books you brought look very
heavy…
Lee : Sure, it’s very kind of you. Thank
you, Kim
A.
Would you like me to help you?
B.
Would you like to help me?
C.
Would I like to help you?
D.
Would you like to bring it for me?
2.
Tourist: I don’t know this place. Can
you tell me where it is located?
Native : Well, it’s far enough. Would you like
me to show you the place?
Tourist : really? It’s very kind of you.
The underlined
sentence shows us that…
A.
The native is not really sure about the
location
B.
The native is in doubt about the
location
C.
The native accept the tourist’s offer to
help him
D.
The native offers the tourist some help
3.
Ika: It’s so hot here.
Rina : …
A. Would
you like me to turn off the AC?
B. Would
you like me to turn on the AC?
C. Would
you like I to turn off the AC?
D. Would
I like to turn off the AC?
4.
Receptionist: "...?"
Guest: "Yes. I would like to meet the Headmaster.
Receptionist: "Wait a minute, please."
Guest: "Yes. I would like to meet the Headmaster.
Receptionist: "Wait a minute, please."
A. Would you meet the Headmaster
tomorrow, Sir?
B. Who do you want to meet, Sir?
C. May I help you, Sir?
D.
May
I introduce you to the Headmaster?
5.
Waiter :
…
Guest : I would like to book a table for two
for dinner tonight.
A.
Can I help you
B.
Hello
C.
Good afternoon
D.
Hi.
6.
A
waiter : good evening
………?
A customer : Sure, what do you have tonight?
A. Do you like to eat?
B. Can you do me a favor?
C. Could I show you the menu
D. Would you like to bring something?
7.
Ata :
May I help you?
Fatah : Yes please, I need a book entitled
“Visiting Seattle.”
Ata :
Sure, We have some copy. …
Fatah :
Thanks.
A. I’ll
edit after I finish this one
B.
I’ ll get it for you
C.
Why don’t you find in another store?
D. I
look for the book too.
8.
Receptionist: "...?"
Guest: "Yes. I would like to meet the Headmaster.
Receptionist: "Wait a minute, please."
Guest: "Yes. I would like to meet the Headmaster.
Receptionist: "Wait a minute, please."
A. Would you meet the Headmaster
tomorrow, Sir?
B. Who do you want to meet, Sir?
C. May I help you, Sir?
D. May I introduce you to the
Headmaster?
9.
Andy : What seems to
be the trouble? ....?
Indy : Of course. I need
your help. The file cannot be printed out.
A. Can I help you
B. What is your trouble
C. Why don't you ask me
D. Could you do me a favor
10.
Wido : Would you like me to carry these
books, sir?
Mr. Sumadi
: Sure. Thank you very much.
The
underlined expression shows ...
A. offering help
B. asking to do something
C. apologizing for someone's mistake
D. disagreeing with someone's opinion greeting someone
KUNCI JAWABAN
1. A
2.
D
3.
A
4.
C
5.
A
6.
C
7.
B
8.
C
9.
A
10. A
Instrumen Penilaian
Speaking
Create a dialog between you and your friend consist of expression
of offering help
0 komentar:
Posting Komentar