RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Satuan Pendidikan
:
SMK Texmaco Pemalang
Mata Pelajaran
:
Bahasa Inggris
Kelas/semester
:
XII/1 (satu)
Materi Pokok
:Factual
Report
Alokasi Waktu
:
3 TM
A. Kompetensi Inti
KI1 : Menghayati dan mengamalkan
ajaran agama yang dianutnya
KI 2 :Menghayati dan mengamalkan
perilaku jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli (gotong royong, kerjasama,
toleran, damai), santun, responsif dan pro-aktif dan menunjukan sikap sebagai
bagian dari solusi atas berbagai permasalahan dalam berinteraksi secara efektif
dengan lingkungan sosial dan alam serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan
bangsa dalam pergaulan dunia
KI 3: Memahami, menerapkan,
menganalisis dan mengevaluasi pengetahuan faktual, konseptual, prosedural dan
metakognitif berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan,
teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan,
kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab fenomena dan kejadian, serta menerapkan
pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan
minatnya untuk memecahkan masalah.
KI 4: Mengolah, menalar, menyaji, dan mencipta
dalam ranah konkret dan ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang
dipelajarinya di sekolah secara mandiri serta bertindak secara efektif dan
kreatif, dan mampu menggunakan metoda sesuai kaidah keilmuan
B.
Kompetensi
Dasar dan Indikator Pencapaian Kompetensi
Kompetensi
Dasar
|
Indikator
Pencapaian Kompetensi
|
1.1
Mensyukuri kesempatan dapat
mempelajari bahasa Inggris sebagai bahasa pengantar komunikasi
International
|
|
1.1
Mengembangkan perilaku santun dan peduli dalam melaksanakan komunikasi antar pribadi dengan guru dan teman.
1.2
Mengembangkan perilaku jujur, disiplin, percaya diri, dan bertanggungjawab dalam melaksanakan komunikasi transaksional dengan guru danteman.
1.3
Mengembangkan perilaku tanggungjawab, peduli, kerjasama, dan cinta damai, dalam melaksanakan komunikasi fungsional.
|
Memberi dan menjawab salam yang diberikan
guru dan teman dengan baik.
Terlibat aktif dalam pembelajaran “Factual Report”
Percaya diri dalam menerapkan dan
merespond expresi “Introducing oneself and others ” secara lisan
Bekerjasama dalam kegiatan
berkelompok
|
3.6
Menganalisis struktur teks, unsur kebahasaan, dan fungsi sosial dari teks factual report berbentuk teks ilmiah faktual tentang orang, binatang, benda, gejala dan
peristiwa alam dan sosial, sesuai dengan konteks pembelajaran di pelajaran
lain di Kelas XII.
|
Menganalisis factual report terkait dengan
struktur bahasa, kosakata dan tenses yang digunakan
|
4.7
Menangkap makna dalam
teks ilmiah faktual (factual report)
lisan dan tulis tentang benda, binatang dan gejala/peristiwa alam, terkait
dengan mata pelajaran lain di Kelas XII.
|
Menjelaskan fungsi factual report
Menjelaskan isi/gagasan dari setiap paragraph
Mengidentifikasi berbagai informasi yang terdapat
dalam teks berbentuk report.
|
4.8
Menyusun teks ilmiah
faktual (factual report), lisan dan tulis, sederhana, tentang orang, binatang,
benda, gejala dan peristiwa alam dan sosial, terkait dengan mata pelajaran
lain di Kelas XII, dengan memperhatikan fungsi sosial, struktur teks, dan
unsur kebahasaan yang benar dan sesuai konteks.
|
Menyusun teks report secara tertulis
Membuat pertanyaan berdasarkan teks tersebut
|
Tujuan
Pembelajaran
Setelah
mengikuti serangkaian kegiatan pembelajaran, peserta didik dapat:
1. Mengidentifikasi
teks factual report
2. Menganalisis
penggunaan tense dalam menulis factual report
3. Mengidentifikasi
berbagai informasi yang terdapat dalam teks berbentuk report.
4. Menyusun
teks factual report secara tertulis dengan menggunakan grammar yang tepat
5. Menentukan
kosakata yang tepat dalam menyusun teks factual report
Fungsi sosial :
Memberikan
informasi lebih detail
Struktur teks :
Texts Report
General Facts :
S. PRESENT TENSE
S+V1/s + O
S+ (is/am/are) + Non Verb
Fact in the Past :
S. PAST TENSE
S+V2 + O
S+ (was/were) + Non Verb
Fact in the future :S.
FUTURE TENSE
S+WILL+V1
S+ (WILL BE) + Non Verb
Reading Text
Orangutans Orangutans or Pongo pygmaeus belong to
the Primate order. The orangutan spends most of its time in trees. Each evening
it builds a new treetop nest. Many Orang Utans lose their natural habitats
because forests are turned into mining
In the past, Orang Utan lived freely because their
natural habitat s were well preserved
Government will attempt to protect Orang Utan’s life by building reservation areas for Orang
Utan
Unsur Kebahasaan:
-
Pemahaman
-
Kosa kata
-
Tata bahasa
-
Ejaan
Topik : Orang Utan
E. Metode Pembelajaran
Pendekatan : scientific approach
Metode : Discovery Based Learning
F. Media, Alat, dan Sumber Pembelajaran
1. Media :
PPt
2. Alat :
Whiteboard,
blackboard, spidol/boardmarker, kapur
3. Sumber Pembelajaran : English modul
G. Langkah-Langkah Kegiatan Pembelajaran
Pertemuan 1
Kegiatan Pendahuluan (
15’)
Guru memberi salam;
Guru memimpin doa;
Guru memeriksa kehadiran siswa;
Guru memberi motivasi belajar
siswa secara kontekstual sesuai manfaat dan aplikasi materi ajar dalam
kehidupan sehari-hari;
Guru mengajukan pertanyaan antara
pengetahuan sebelumnya dengan materi yang akan dipelajari;
Guru menjelaskan tujuan
pembelajaran atau kompetensi dasar yang akan dicapai;
Guru menyampaikan cakupan materi
dan uraian kegiatan.
Kegiatan Inti (65’)
Mengamati
Peserta didik mengamati sebuah
teks factual report
Peserta didik menganalisis
beberapa kata kerja yang terdapat dalam teks tersebut
Dengan bimbingan dan arahan guru,
peserta didik mengidentifikasi tenses yang digunakan dalam sebuah factual
report
Mempertanyakan
Dengan pengarahan guru, peserta
didik mempertanyakan tentang fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan
dari text
Peserta didik memperoleh
pengetahuan tambahan dari text factual report tentang isi/ide utama dari setiap
paragraph dari factual report tersebut
Bereksplorasi
Peserta didik dibentuk menjadi kelompok
berpasangan
Peserta didik berdiskusi dengan
kelompoknya dalam menyusun teks factual report
Peserta didik berdiskusi dengan
kelompoknya menyusun 3 pertanyaan
Kegiatan Penutup (
10’)
Guru dan peserta didik melakukan
refleksi terhadap kegiatan pembelajaran
dan manfaat-manfaatnya;
Peserta didik dan guru memberikan
umpan balik terhadap proses dan hasil pembelajaran;
Guru memberikan penugasan berupa
tugas untuk membuat teks factual report dalam power point
Guru menyampaikan informasi
tentang rencana kegiatan pembelajaran untuk pertemuan berikutnya;
Guru dan peserta didik
mengucapkan salam perpisahan.
Pertemuan
ke 2
Kegiatan Pendahuluan (
15’)
Guru memberi salam;
Guru memimpin doa;
Guru memeriksa kehadiran siswa;
Guru memberi motivasi belajar
siswa secara kontekstual sesuai manfaat dan aplikasi materi ajar dalam
kehidupan sehari-hari;
Guru mengajukan pertanyaan antara
pengetahuan sebelumnya dengan materi yang akan dipelajari;
Guru menjelaskan tujuan
pembelajaran atau kompetensi dasar yang akan dicapai;
Guru menyampaikan cakupan materi
dan uraian kegiatan.
Kegiatan Inti (
65’)
Mengamati
Peserta didik mengamati beberapa
teks yang disajikan dari tugas masing –masing kelompok
Bereksplorasi
Peserta didik berdiskusi dengan
kelompoknya inrofmasi tersirat, tersurat dan beberapa synonym dari kata-kata
dalam text
Berkomunikasi
Peserta didik mempresentasikan
hasil diskusi tentang factual report di depan kelas;
Peserta didik bersama-sama
menjawab pertanyaan yang telah dibuat dari factual report teks;
Peserta didik mengungkapkan
hal-hal yang sulit dan mudah dilakukan terkait materi factual report
Kegiatan Penutup (10’)
Guru dan peserta didik melakukan
refleksi terhadap kegiatan pembelajaran
dan manfaat-manfaatnya;
Peserta didik dan guru memberikan
umpan balik terhadap proses dan hasil pembelajaran;
Guru memberikan penugasan berupa
tugas mandiri yang ada dalam buku pegangan
siswa;
Guru menyampaikan informasi
tentang rencana kegiatan pembelajaran untuk pertemuan berikutnya;
Guru dan peserta didik
mengucapkan salam perpisahan.
Pertemuan
ke 3
Kegiatan Pendahuluan (
15’)
Guru memberi salam;
Guru memimpin doa;
Guru memeriksa kehadiran siswa;
Guru memberi motivasi belajar
siswa secara kontekstual sesuai manfaat dan aplikasi materi ajar dalam
kehidupan sehari-hari;
Guru mengajukan pertanyaan antara
pengetahuan sebelumnya dengan materi yang akan dipelajari;
Guru menjelaskan tujuan
pembelajaran atau kompetensi dasar yang akan dicapai;
Guru menyampaikan cakupan materi
dan uraian kegiatan.
Kegiatan Inti (
65’)
Mengamati
Peserta didik mengamati beberapa
teks yang disajikan dari tugas masing –masing kelompok
Mengasosiasikan
Peserta didik menyusun teks
factual report
Berkomunikasi
Peserta didik mempresentasikan
hasil diskusi tentang factual report di depan kelas;
Peserta didik bersama-sama
menjawab pertanyaan yang telah dibuat dari factual report teks;
Peserta didik mengungkapkan
hal-hal yang sulit dan mudah dilakukan terkait materi factual report
Kegiatan Penutup (10’)
Guru dan peserta didik melakukan
refleksi terhadap kegiatan pembelajaran
dan manfaat-manfaatnya;
Peserta didik dan guru memberikan
umpan balik terhadap proses dan hasil pembelajaran;
Guru memberikan penugasan berupa
tugas mandiri yang ada dalam buku
pegangan siswa;
Guru menyampaikan informasi
tentang rencana kegiatan pembelajaran untuk pertemuan berikutnya;
Guru dan peserta didik
mengucapkan salam perpisahan.
H. Penilaian
1. Penilaian Sikap Spiritual
a.
Teknik Penilaian : Tertulis
b.
Bentuk Instrumen : Learning Journal
c.
Kisi-kisi :
No
|
Sikap/
Nilai
|
Butir
Instrumen
|
|
Menulis
learning log tentang kesyukuran berkesempatan belajar Bahasa Inggris
|
Lihat
lampiran
|
d.
Instrumen : lihat lampiran
1. Penilaian Sikap Sosial
a.
Teknik Penilaian : pengamatan
b.
Bentuk Instrumen : uraian bebas
c.
Rubrik Penilaian Sikap Sosial :
No
|
Sikap
|
Indikator
|
Skor
|
Predikat
|
1
|
Kerjasama
|
Selalu
bekerjasama dengan partnernya
dalam
mengerjakan tugas
|
4
|
SB
(sangat
baik)
|
Sering
bekerjasama dengan partnernya
dalam
mengerjakan tugas
|
3
|
B
(
Baik)
|
||
Kadang-kadang
bekerjasama dengan
partnernya
dalam mengerjakan tugas
|
2
|
C
(Cukup)
|
||
Tidak
pernah bekerjasama dengan
partnernya
dalam mengerjakan tugas
|
1
|
D
(
Kurang)
|
||
2
|
Tanggung
Jawab
|
Selalu
bertanggungjawab dalam
mengerjakan
tugas
|
4
|
SB
(sangat
baik)
|
Sering
bertanggungjawab dalam
mengerjakan
tugas
|
3
|
B
(
Baik)
|
||
Kadang-kadang
bertanggungjawab dalam mengerjakan tugas
|
2
|
C
(Cukup)
|
||
Tidak
pernah bertanggungjawab dalam mengerjakan tugas
|
1
|
D
(
Kurang)
|
d.
Format Penilaian Sikap Sosial:
No
|
Nama
|
Aspek
|
Skor
|
Predikat
|
|
Kerjasama
|
Bertanggung
Jawab
|
|
|
||
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
2. Penilaian Pengetahuan
a.
Tehnik penilaian : tes tulis
b.
Bentuk instrumen : uraian bebas
c.
Kisi-kisi :
No
|
Kisi-kisi
Pencapaian Indikator
|
|
Disajikan
beberapa pilihan benda/binatang atau fenomena alam dan siswa harus membuat factual report teks
secara baik.
|
d.
Format penilaian
No
|
Nama
|
Skor
|
Predikat
|
|
|
|
|
3. Penilaian Keterampilan
a.
Tehnik penilaian : tes lisan
b.
Bentuk instrumen : tes ketrampilan membaca
c.
Kisi-kisi :
No
|
Kisi-kisi
Pencapaian Indikator
|
|
Disajikan sebuah teks, siswa dapat
menjelaskan isi teks tersebut
|
|
Disajikan
percakapan rumpang, siswa dapat melengkapi percakapan
rumpang
tersebut
|
d.
Instrumen : lihat lampiran
e.
Rubrik tes ketrampilan membaca :
Aspek
|
Keterangan
|
Skor
|
Pengucapan
Pronouncing
|
- hampir
sempurna
- ada
kesalahan tapi tidak mengganggu makna
- ada
beberapa kesalahan dan cukup mengganggu makna
- banyak
kesalahan yang menggangu makna
|
4
3
2
1
|
Pemahaman
Understanding
|
sangat
memahami
- memahami
- cukup
memahami
- kurang
memahami
|
4
3
2
1
|
e.
Rubrik tes pengetahuan report text :
Aspek
|
Keterangan
|
Skor
|
Accurate,
Consistent, Clear
Readable ,
Equal, Spelling
Capitalization,
Punctuation
Grammar
|
- hampir
sempurna
- ada
kesalahan tapi tidak mengganggu makna
- ada
beberapa kesalahan dan cukup mengganggu makna
- banyak
kesalahan yang menggangu makna
|
4
3
2
1
|
f.
Format penilaian ketrampilan membaca :
No
|
Nama
|
Aspek
|
Skor
|
Predikat
|
Pengucapan
|
Pemahaman
|
|
||
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Pemalang
, Juli 2018
Mengetahui
Kepala
Sekolah SMK Texmaco Pemalang Guru
Mapel
Marzuki,
ST Noor
Ita Yulinda, S.Pd
Lampiram
: Instrumen penilaian
Exercise
Arrange these sentences into a good paragraph.
Arrange these sentences into a good paragraph.
A. It
is the result of a sudden release of stored energy in the Earth's crust that creates
seismic waves.
B.
There are two types of earthquake that occurs naturally, they are tectonic
and volcanic earthquakes.
C.
Earthquake is a sudden shaking of the earth's surface that often causes a lot
of damage.
D.
Volcanic earthquakes are earthquakes
which are caused by the movement of magma in volcanoes.
E. At
the Earth's surface, earthquakes can be seen from the shaking or
displacement of the ground.
G.
Sometimes, they cause tsunamis, which may lead to loss of life and damage of
property.
H.
Tectonic earthquakes are earthquakes that are caused by tectonic plates getting
stuck and putting a strain on the ground.
Tsunami is a Japanese word from
seismic sea wave generated by an undersea earthquake, landslide or eruption.
Most tsunamis happen along the Ring
of Fire. It is a zone of volcanoes and seismic activity. The zone encircles the
Pacific Ocean.
Historically, tsunamis have caused
much destruction and death. Since 1819, about
40 tsunamis have struck the Hawaiian Islands and since 1883, about 20
tsunamis have struck Indonesia.
A tsunami can have a width of 100 to
200 km and may spread far across deep ocean. The speed is as fast as a jet
plane. When the wave reaches land, it can be very high, about 15 m or more.
Answer
the following questions based on the text above.
- What kind
of text is it?
- What does
the text tell us about?
- What can
cause tsunamis?
- Can
tsunamis make people suffer? Why?
- What is
Ring of Fire?
0 komentar:
Posting Komentar