Rss Feed
  1. REPORT WRITING: STRUCTURE AND CONTENT

    Senin, 09 Agustus 2021

     REPORT WRITING: STRUCTURE AND CONTENT

     Susunan cara menyulis laporan

     CONTENTS

    ·         Title

    ·         Abstract

    ·         Table of contents

    ·         Lists of tables, figures and graphs

    ·         Introduction

    ·         Body

    ·         Conclusion

    ·         References

    ·         Appendices

     

     ISI

    • Judul

    •Abstrak

    •Daftar Isi

    • Daftar tabel, gambar dan grafik

    •Pengantar

    • Tubuh

    • Kesimpulan

    •Referensi

    • Lampiran



    TITLE

    Titles are designed to inform readers on the content of your work. Aim for a title that is informative and specific to your research. Make sure that your title clearly indicates and reflects the contents of the report.

    Effective titles

    • Titles should be concise, descriptive and specific. Specify your topic in a subtitle if possible.
    • Do not use abbreviations in titles.
    • The initial working title may not adequately reflect your actual type of study. Adjust your title at the end of your project or research if possible.

     

     Example :

    -           Interview with a Vampire in PT Candi Mekar Pemalang

    -           The Last of the Mohicans

    -           Bank Holidays and National Holidays in Indonesia

     

    JUDUL

    Judul dirancang untuk memberi tahu pembaca tentang konten karya Anda. Usahakan judul yang informatif dan spesifik untuk penelitian Anda. Pastikan judul Anda dengan jelas menunjukkan dan mencerminkan isi laporan.

    Judul yang efektif

    • Judul harus ringkas, deskriptif dan spesifik. Tentukan topik Anda dalam subtitle jika memungkinkan.

    • Jangan gunakan singkatan dalam judul.

    • Judul kerja awal mungkin tidak cukup mencerminkan jenis studi Anda yang sebenarnya. Sesuaikan judul Anda di akhir proyek atau penelitian Anda jika memungkinkan.

     

     Contoh:

    -           Wawancara dengan Vampir di PT Candi Mekar Pemalang

    -           Yang Terakhir dari Mohicans

    -           Hari Libur Bank dan Hari Libur Nasional di Indonesia


    ABSTRACT

    The abstract is a brief summary of the study rationale, methodology and the main findings and conclusions of the report. Make sure to highlight in which way your paper is making a contribution to the field.

    Writing an effective abstract

    ·  An abstract should be self-contained. Do not copy your introduction in your abstract. An introduction is merely introducing your paper, while the abstract is summarizing the whole paper and its conclusions.

    ·  Although some terminology will be inevitable, ensure that your abstract is written accessibly.

    ·  Do not include general background information in your abstract. As abstracts should contain a limited number of words (400 or less), they should convey the essential information found in your paper.

    ·  Do not include tables and figures in an abstract, unless stated otherwise.

    ·  Do not cite references in an abstract, unless stated otherwise.

    • Leave writing your abstract to the end of your project or research, as you will have a clearer picture of your main findings and conclusions at that point.

     

     

    ABSTRAK

    Abstrak adalah ringkasan singkat dari dasar pemikiran studi, metodologi dan temuan utama serta kesimpulan dari laporan. Pastikan untuk menyoroti bagaimana makalah Anda memberikan kontribusi di lapangan.

    Menulis abstrak yang efektif

    • Abstrak harus berdiri sendiri. Jangan menyalin pengantar Anda dalam abstrak Anda. Pendahuluan hanyalah memperkenalkan makalah Anda, sedangkan abstrak meringkas keseluruhan makalah dan kesimpulannya.

    • Meskipun beberapa terminologi tidak dapat dihindari, pastikan abstrak Anda ditulis dengan mudah.

    • Jangan menyertakan informasi latar belakang umum dalam abstrak Anda. Karena abstrak harus mengandung jumlah kata yang terbatas (400 atau kurang), abstrak harus menyampaikan informasi penting yang ditemukan di makalah Anda.

    • Jangan menyertakan tabel dan gambar dalam abstrak, kecuali dinyatakan lain.

    • Jangan mengutip referensi secara abstrak, kecuali dinyatakan lain.

    • Biarkan tulisan abstrak Anda di akhir proyek atau penelitian Anda, karena Anda akan memiliki gambaran yang lebih jelas tentang temuan dan kesimpulan utama Anda pada saat itu.


    TABLE OF CONTENTS

    The purpose of the table of contents is to give an overview of the subject matter and the structure of the report, so that readers can easily jump to a specific part of the text containing the information they need. The structure of the table of contents needs to be logical and transparent.

    Formatting a table of contents

    • Use "Contents" as a header for the table of contents.
    • Use the correct indentation: main titles (Contents, Introduction, Conclusion and Appendices) should be left-aligned and titles of sections should be indented from the left margin. For each additional level, you should set an additional indent. 
    • Ensure your table of contents is structured in an orderly fashion. Make sure that titles or headings are as significant as possible.

    o    Divide all subjects in subtopics, but take into account that each subtopic could belong to only one subject of a higher level. Please note that each subtopic should have at least one other subtopic at the same level.

    o    Arrange all subtopics in a systematic manner, using a unique criterion.

    o    Use parallel structure for headings at the same level:

    DAFTAR ISI

    Tujuan daftar isi adalah untuk memberikan gambaran umum tentang pokok bahasan dan struktur laporan, sehingga pembaca dapat dengan mudah beralih ke bagian tertentu dari teks yang berisi informasi yang mereka butuhkan. Struktur daftar isi harus logis dan transparan.

    Memformat daftar isi

    • Gunakan "Isi" sebagai tajuk untuk daftar isi.

    • Gunakan lekukan yang benar: judul utama (Isi, Pendahuluan, Kesimpulan dan Lampiran) harus rata kiri dan judul bagian harus diberi indentasi dari margin kiri. Untuk setiap level tambahan, Anda harus mengatur indentasi tambahan.

    • Pastikan daftar isi Anda terstruktur dengan rapi. Pastikan judul atau tajuk sepenting mungkin.

    o Bagilah semua subjek dalam subtopik, tetapi pertimbangkan bahwa setiap subtopik hanya dapat dimiliki oleh satu subjek dari tingkat yang lebih tinggi. Harap dicatat bahwa setiap subtopik harus memiliki setidaknya satu subtopik lain pada level yang sama.

    o Atur semua subtopik secara sistematis, menggunakan kriteria yang unik.

    o Gunakan struktur paralel untuk tajuk di tingkat yang sama:

     LISTS OF TABLES, FIGURES AND GRAPHS

    Lists of tables, figures and graphs guide readers to find the information they are looking for in the body of the text. A list of symbols and abbreviations enables readers to quickly find the meaning of each symbol and abbreviation. For the author, writing and updating lists of symbols and abbreviations contributes to systematic notation and avoidance of double use of symbols.

    Lists of tables, figures, graphs, symbols, formulas and abbreviations are generally provided after the table of contents.

    DAFTAR TABEL, GAMBAR DAN GRAF

    Daftar tabel, gambar dan grafik memandu pembaca untuk menemukan informasi yang mereka cari dalam badan teks. Daftar simbol dan singkatan memungkinkan pembaca dengan cepat menemukan arti dari setiap simbol dan singkatan. Bagi penulis, menulis dan memperbarui daftar simbol dan singkatan berkontribusi pada notasi sistematis dan menghindari penggunaan simbol ganda.

    Daftar tabel, gambar, grafik, lambang, rumus dan singkatan umumnya diberikan setelah daftar isi.


     


    INTRODUCTION

     

    An introduction should capture the audience's attention. Introductions generally start by identifying and situating a problem in the existing literature. Next, introductions describe how the project or research was conducted, formulate the purpose of the research or paper and highlight in which way it is making a new contribution to the field. Finally, the introduction indicates the main points as well as the outline of the report. Do not forget to mention the relevance of the work done.

    Writing a strong introduction

    • Describe the problem statement and situate the problem in its wider context. If appropriate, the introduction defines key concepts and explains new concepts.
    • Frame your research within the existing literature and refer to previous work. Present a comprehensive yet brief literature review and cite the sources you have used both in the text and in a reference list.
    • Provide a brief overview of your methodology or the procedures followed.
    • Finally, indicate the outline of the report with explicit reference to the different chapters and/or sections.

     KATA PENGANTAR

    Pengenalan harus menarik perhatian audiens. Introduksi umumnya dimulai dengan mengidentifikasi dan menempatkan masalah dalam literatur yang ada. Selanjutnya, pendahuluan menjelaskan bagaimana proyek atau penelitian dilakukan, merumuskan tujuan penelitian atau makalah dan menyoroti cara penelitian atau makalah tersebut memberikan kontribusi baru di lapangan. Terakhir, pendahuluan menunjukkan poin-poin utama serta garis besar laporan. Jangan lupa untuk menyebutkan relevansi pekerjaan yang telah dilakukan.

    Menulis pengantar yang kuat

    • Jelaskan pernyataan masalah dan tempatkan masalah dalam konteks yang lebih luas. Jika sesuai, pendahuluan mendefinisikan konsep-konsep utama dan menjelaskan konsep-konsep baru.

    • Bingkai penelitian Anda dalam literatur yang ada dan mengacu pada pekerjaan sebelumnya. Sajikan tinjauan pustaka yang lengkap namun singkat dan kutip sumber-sumber yang telah Anda gunakan baik dalam teks maupun dalam daftar referensi.

    • Berikan gambaran singkat tentang metodologi Anda atau prosedur yang diikuti.

    • Terakhir, tunjukkan garis besar laporan dengan referensi eksplisit ke berbagai bab dan / atau bagian.


     


    BODY

    The body of the text explains in detail how the study was conducted, reports key findings and provides evidence supporting your conclusion. 

    Organizing the body of the text

    • Divide the main body of the text in chapters. Chapters should follow a logical outline and usually include the following three main parts: methodology, results and discussion and interpretation:

    o    Methods: describing the project (elaboration), while explaining the key working principle applied. The method section elaborates on the methodology used and makes objective arguments to justify the approach taken.

    o    Results: reporting results and analyses, focusing on key results and interpretations, acknowledging limitations and implications for the interpretation of results. The line of reasoning should be clear and well-supported and assumptions should be justified.

    o    Discussion: discussing main points in relation to the problem statement, analyzing and interpreting main findings through consistent reasoning and argumentation, eliminating alternative explanations and pointing to the significance of the results.

    • Check whether the body of the text is balanced. Long chapters could perhaps be split up in smaller chapters. If you have a few short chapters, verify whether they or not could be combined with other chapters.

    Organizing chapters in sections

    • Subdivide chapters in sections and do so in a systematic manner. Sections consist of associated paragraphs: lines of thought with each developing only one main idea. Check whether ideas are equally developed in each paragraph and that the length of your paragraphs is proportional to your paper.
    • Ensure appropriate titles or headings. Use parallel structures for headings at the same level, to make your text easier to understand.
    • Open each chapter with an introduction describing the procedure, main insights developed and the outline of the chapter.
    • Close each chapter with a conclusion shortly summarizing the main results. Indicate and explain the connection with other chapters in the body of the text as well as what contribution the chapter has made to the whole of the paper.

     

     

     

     

     

     

     

     

     

     

     

     

    ISI TUBUH

    Isi teks menjelaskan secara rinci bagaimana penelitian dilakukan, melaporkan temuan utama dan memberikan bukti yang mendukung kesimpulan Anda.

    Mengatur tubuh teks

    • Bagilah tubuh utama teks menjadi beberapa bab. Bab harus mengikuti garis besar logis dan biasanya mencakup tiga bagian utama berikut: metodologi, hasil dan diskusi serta interpretasi:

    o Metode: mendeskripsikan proyek (elaborasi), sambil menjelaskan prinsip kerja utama yang diterapkan. Bagian metode menguraikan metodologi yang digunakan dan membuat argumen obyektif untuk membenarkan pendekatan yang diambil.

    o Hasil: melaporkan hasil dan analisis, dengan fokus pada hasil dan interpretasi utama, mengakui keterbatasan dan implikasi untuk interpretasi hasil. Garis penalaran harus jelas dan didukung dengan baik dan asumsi harus dijustifikasi.

    o Diskusi: membahas poin-poin utama dalam kaitannya dengan pernyataan masalah, menganalisis dan menginterpretasikan temuan-temuan utama melalui penalaran dan argumentasi yang konsisten, menghilangkan penjelasan alternatif dan menunjuk pada signifikansi hasil.

    • Periksa apakah badan teks seimbang. Bab yang panjang mungkin bisa dibagi menjadi beberapa bab yang lebih kecil. Jika Anda memiliki beberapa bab pendek, verifikasi apakah mereka dapat digabungkan dengan bab lain atau tidak.

    Mengatur bab dalam beberapa bagian

    • Bagi lagi bab menjadi beberapa bagian dan lakukan dengan cara yang sistematis. Bagian terdiri dari paragraf terkait: garis pemikiran dengan masing-masing mengembangkan hanya satu ide utama. Periksa apakah ide-ide dikembangkan secara merata di setiap paragraf dan panjang paragraf Anda proporsional dengan makalah Anda.

    • Pastikan judul atau judul yang sesuai. Gunakan struktur paralel untuk tajuk di tingkat yang sama, untuk membuat teks Anda lebih mudah dipahami.

    • Buka setiap bab dengan pendahuluan yang menjelaskan prosedur, wawasan utama yang dikembangkan, dan garis besar bab tersebut.

    • Tutup setiap bab dengan kesimpulan singkat yang merangkum hasil utama. Tunjukkan dan jelaskan hubungannya dengan bab-bab lain di badan teks serta kontribusi apa yang telah diberikan bab tersebut terhadap keseluruhan makalah.


     


    CONCLUSION

    The main text ends with a concluding section. Remember that this section will be read by prospective readers first, therefore it should be independent of the main body of the text.

    Writing your conclusion

    • Recapitulate your main findings, general conclusions and contributions.
    • Briefly discuss your results if appropriate and provide an answer to the problem statement.
    • Conclude with recommendations for improvement and/or suggestions for further research.

    Pay attention

    • Do not add new information to your general conclusion.
    • Relate your results to previous work, but do not include an extensive discussion.
    • Identify the limitations of the study and explain their implications for the interpretation of the results.

     

    KESIMPULAN

    Teks utama diakhiri dengan bagian penutup. Ingatlah bahwa bagian ini akan dibaca oleh calon pembaca terlebih dahulu, oleh karena itu bagian ini harus terpisah dari badan utama teks.

    Menulis kesimpulan Anda

    • Rekapitulasi temuan utama, kesimpulan umum, dan kontribusi Anda.

    • Diskusikan secara singkat hasil Anda jika sesuai dan berikan jawaban atas pernyataan masalah.

    • Akhiri dengan rekomendasi perbaikan dan / atau saran untuk penelitian lebih lanjut.

    Perhatian

    • Jangan menambahkan informasi baru pada kesimpulan umum Anda.

    • Hubungkan hasil Anda dengan pekerjaan sebelumnya, tetapi jangan sertakan diskusi ekstensif.

    • Mengidentifikasi keterbatasan penelitian dan menjelaskan implikasinya terhadap interpretasi hasil.

     


     


    REFERENCES

    The reference section comprises a list of all sources that were cited in the text.

    Compiling a reference list

    The reference list should be alphabetical according to the first author's last name. If you use the number system, then references are listed in the order that they have been cited in the text.

    Pay attention

    • Compile the reference list preferably as you write the body of the text.
    • Note that the reference list should always be accurate and complete.
    • If you are listing your references alphabetically, make sure that the first line of your reference is at the margin and subsequent lines are indented (e.g. 0,5 cm).

     

     

     

    REFERENSI

    Bagian referensi terdiri dari daftar semua sumber yang dikutip dalam teks.

    Menyusun daftar referensi

    Daftar referensi harus berdasarkan abjad sesuai dengan nama belakang penulis pertama. Jika Anda menggunakan sistem bilangan, maka referensi dicantumkan sesuai urutan kutipannya di dalam teks.

    Perhatian

    • Sebaiknya kompilasi daftar referensi saat Anda menulis badan teks.

    • Perhatikan bahwa daftar referensi harus selalu akurat dan lengkap.

    • Jika Anda membuat daftar referensi menurut abjad, pastikan baris pertama referensi Anda berada di pinggir dan baris berikutnya diberi indentasi (misalnya 0,5 cm).

     


    APPENDICES

     

    Appendices convey important but non-essential information, such as raw data, long proofs, calculations and extensive experimental results. If they would be included in the body of the text, these could harm the readability of the text.

    Pay attention

    • Appendices should always be numbered, captioned and referred to from the text.
    • Appendices should be clear and self-contained.

     

    LAMPIRAN

    Lampiran menyampaikan informasi penting tetapi tidak penting, seperti data mentah, bukti panjang, penghitungan, dan hasil eksperimen ekstensif. Jika mereka dimasukkan ke dalam badan teks, ini dapat merusak keterbacaan teks.

    Perhatian

    • Lampiran harus selalu diberi nomor, diberi judul, dan dirujuk dari teks.

    • Lampiran harus jelas dan berdiri sendiri.





  2. 0 komentar: