REPORT WRITING: STRUCTURE AND CONTENT
Susunan cara menyulis laporan
CONTENTS
·
Title
·
Abstract
·
Lists of tables, figures and graphs
·
Body
ISI
• Judul
•Abstrak
•Daftar Isi
• Daftar tabel, gambar dan grafik
•Pengantar
• Tubuh
• Kesimpulan
•Referensi
• Lampiran
TITLE
Titles are designed to inform readers on the content of your work. Aim
for a title that is informative and specific to your
research. Make sure that your title clearly indicates and reflects the
contents of the report.
Effective titles
- Titles
should be concise, descriptive and specific. Specify your topic
in a subtitle if possible.
- Do not
use abbreviations in titles.
- The
initial working title may not adequately reflect your actual type of
study. Adjust your title at the end of your project or research if
possible.
Example :
-
Interview with a Vampire in PT Candi Mekar
Pemalang
-
The Last of the Mohicans
-
Bank Holidays and National Holidays
in Indonesia
JUDUL
Judul dirancang untuk memberi tahu pembaca tentang konten karya Anda.
Usahakan judul yang informatif dan spesifik untuk penelitian Anda. Pastikan
judul Anda dengan jelas menunjukkan dan mencerminkan isi laporan.
Judul yang efektif
• Judul harus ringkas, deskriptif dan spesifik. Tentukan topik Anda dalam
subtitle jika memungkinkan.
• Jangan gunakan singkatan dalam judul.
• Judul kerja awal mungkin tidak cukup mencerminkan jenis studi Anda yang
sebenarnya. Sesuaikan judul Anda di akhir proyek atau penelitian Anda jika
memungkinkan.
Contoh:
-
Wawancara dengan Vampir di PT Candi Mekar Pemalang
-
Yang Terakhir dari Mohicans
-
Hari Libur Bank dan Hari Libur Nasional di Indonesia
ABSTRACT
The abstract is a brief
summary of the study rationale, methodology and the main findings
and conclusions of the report. Make sure to highlight in which way
your paper is making a contribution to the field.
Writing an effective
abstract
·
An abstract should be self-contained. Do not copy your introduction in your
abstract. An introduction is merely introducing your paper, while the abstract
is summarizing the whole paper and its conclusions.
·
Although some terminology will be inevitable, ensure that your abstract is
written accessibly.
·
Do not include general background information in your abstract. As
abstracts should contain a limited number of words (400 or less), they should
convey the essential information found in your paper.
·
Do not include tables and figures in an abstract, unless stated otherwise.
·
Do not cite references in an abstract, unless stated otherwise.
- Leave writing your abstract to the end of your
project or research, as you will have a clearer picture of your main
findings and conclusions at that point.
ABSTRAK
Abstrak adalah ringkasan singkat dari dasar pemikiran studi, metodologi dan
temuan utama serta kesimpulan dari laporan. Pastikan untuk menyoroti bagaimana makalah
Anda memberikan kontribusi di lapangan.
Menulis abstrak yang efektif
• Abstrak harus berdiri sendiri. Jangan menyalin pengantar Anda dalam
abstrak Anda. Pendahuluan hanyalah memperkenalkan makalah Anda, sedangkan
abstrak meringkas keseluruhan makalah dan kesimpulannya.
• Meskipun beberapa terminologi tidak dapat dihindari, pastikan abstrak
Anda ditulis dengan mudah.
• Jangan menyertakan informasi latar belakang umum dalam abstrak Anda.
Karena abstrak harus mengandung jumlah kata yang terbatas (400 atau kurang),
abstrak harus menyampaikan informasi penting yang ditemukan di makalah Anda.
• Jangan menyertakan tabel dan gambar dalam abstrak, kecuali dinyatakan
lain.
• Jangan mengutip referensi secara abstrak, kecuali dinyatakan lain.
• Biarkan tulisan abstrak Anda di akhir proyek atau penelitian Anda, karena
Anda akan memiliki gambaran yang lebih jelas tentang temuan dan kesimpulan
utama Anda pada saat itu.
TABLE OF CONTENTS
The purpose of the table of contents is
to give an overview of the subject matter and the structure of the
report, so that readers can easily jump to a specific part of the text
containing the information they need. The structure of the table of
contents needs to be logical and transparent.
Formatting a table of
contents
- Use "Contents" as a header for the
table of contents.
- Use the correct indentation: main
titles (Contents, Introduction, Conclusion and Appendices) should be
left-aligned and titles of sections should be indented from the left
margin. For each additional level, you should set an additional
indent.
- Ensure your table of contents is structured
in an orderly fashion. Make sure that titles or
headings are as significant as possible.
o
Divide all subjects in subtopics, but take into account that each
subtopic could belong to only one subject of a higher level. Please note that
each subtopic should have at least one other subtopic at the same level.
o
Arrange all subtopics in a systematic manner, using a unique criterion.
o
Use parallel structure for headings at the same level:
DAFTAR ISI
Tujuan daftar isi adalah untuk
memberikan gambaran umum tentang pokok bahasan dan struktur laporan, sehingga
pembaca dapat dengan mudah beralih ke bagian tertentu dari teks yang berisi
informasi yang mereka butuhkan. Struktur daftar isi harus logis dan transparan.
Memformat daftar isi
• Gunakan "Isi" sebagai tajuk
untuk daftar isi.
• Gunakan lekukan yang benar: judul
utama (Isi, Pendahuluan, Kesimpulan dan Lampiran) harus rata kiri dan judul bagian
harus diberi indentasi dari margin kiri. Untuk setiap level tambahan, Anda
harus mengatur indentasi tambahan.
• Pastikan daftar isi Anda terstruktur
dengan rapi. Pastikan judul atau tajuk sepenting mungkin.
o Bagilah semua subjek dalam subtopik,
tetapi pertimbangkan bahwa setiap subtopik hanya dapat dimiliki oleh satu
subjek dari tingkat yang lebih tinggi. Harap dicatat bahwa setiap subtopik
harus memiliki setidaknya satu subtopik lain pada level yang sama.
o Atur semua subtopik secara sistematis,
menggunakan kriteria yang unik.
o Gunakan struktur paralel untuk tajuk
di tingkat yang sama:
LISTS OF TABLES, FIGURES AND GRAPHS
Lists of tables, figures and graphs guide readers to find the information
they are looking for in the body of the text. A list of symbols and
abbreviations enables readers to quickly find the meaning of each symbol and
abbreviation. For the author, writing and updating lists of symbols and
abbreviations contributes to systematic notation and avoidance of double use of
symbols.
Lists of tables, figures, graphs, symbols, formulas and abbreviations are
generally provided after the table of contents.
DAFTAR TABEL, GAMBAR
DAN GRAF
Daftar tabel, gambar dan grafik memandu pembaca untuk menemukan informasi
yang mereka cari dalam badan teks. Daftar simbol dan singkatan memungkinkan
pembaca dengan cepat menemukan arti dari setiap simbol dan singkatan. Bagi
penulis, menulis dan memperbarui daftar simbol dan singkatan berkontribusi pada
notasi sistematis dan menghindari penggunaan simbol ganda.
Daftar tabel, gambar, grafik, lambang, rumus dan singkatan umumnya
diberikan setelah daftar isi.
INTRODUCTION
An introduction should capture the audience's attention.
Introductions generally start by identifying and situating a problem in the
existing literature. Next, introductions describe how the project or research
was conducted, formulate the purpose of the research or paper
and highlight in which way it is making a new contribution to the field.
Finally, the introduction indicates the main points as well as the
outline of the report. Do not forget to mention the relevance of the work
done.
Writing a strong introduction
- Describe
the problem statement and situate the problem in its
wider context. If appropriate, the introduction defines key concepts and
explains new concepts.
- Frame
your research within the existing literature and refer to
previous work. Present a comprehensive yet brief literature review and
cite the sources you have used both in the text and in a reference
list.
- Provide
a brief overview of your methodology or the procedures
followed.
- Finally,
indicate the outline of the report with explicit
reference to the different chapters and/or sections.
Pengenalan harus menarik perhatian audiens. Introduksi umumnya dimulai
dengan mengidentifikasi dan menempatkan masalah dalam literatur yang ada.
Selanjutnya, pendahuluan menjelaskan bagaimana proyek atau penelitian
dilakukan, merumuskan tujuan penelitian atau makalah dan menyoroti cara
penelitian atau makalah tersebut memberikan kontribusi baru di lapangan.
Terakhir, pendahuluan menunjukkan poin-poin utama serta garis besar laporan.
Jangan lupa untuk menyebutkan relevansi pekerjaan yang telah dilakukan.
Menulis pengantar yang kuat
• Jelaskan pernyataan masalah dan tempatkan masalah dalam konteks yang
lebih luas. Jika sesuai, pendahuluan mendefinisikan konsep-konsep utama dan
menjelaskan konsep-konsep baru.
• Bingkai penelitian Anda dalam literatur yang ada dan mengacu pada
pekerjaan sebelumnya. Sajikan tinjauan pustaka yang lengkap namun singkat dan
kutip sumber-sumber yang telah Anda gunakan baik dalam teks maupun dalam daftar
referensi.
• Berikan gambaran singkat tentang metodologi Anda atau prosedur yang
diikuti.
• Terakhir, tunjukkan garis besar laporan dengan referensi eksplisit ke
berbagai bab dan / atau bagian.
The body of the text explains in
detail how the study was conducted, reports key findings and provides
evidence supporting your conclusion.
Organizing the body of
the text
- Divide the main body of the text in
chapters. Chapters should follow a logical outline and usually include the
following three main parts: methodology, results and discussion and
interpretation:
o Methods: describing the
project (elaboration), while explaining the key working principle applied. The
method section elaborates on the methodology used and makes objective arguments
to justify the approach taken.
o Results: reporting results
and analyses, focusing on key results and interpretations, acknowledging
limitations and implications for the interpretation of results. The line of
reasoning should be clear and well-supported and assumptions should be
justified.
o Discussion: discussing main
points in relation to the problem statement, analyzing and interpreting main
findings through consistent reasoning and argumentation, eliminating
alternative explanations and pointing to the significance of the results.
- Check whether the body of the text is
balanced. Long chapters could perhaps be split up in smaller chapters. If
you have a few short chapters, verify whether they or not could be
combined with other chapters.
Organizing chapters in
sections
- Subdivide chapters in sections and do so in a
systematic manner. Sections consist of associated paragraphs: lines
of thought with each developing only one main idea. Check whether
ideas are equally developed in each paragraph and that the length of your
paragraphs is proportional to your paper.
- Ensure appropriate titles or headings. Use
parallel structures for headings at the same level, to make your text
easier to understand.
- Open each chapter with an introduction describing
the procedure, main insights developed and the outline of the chapter.
- Close each chapter with a conclusion
shortly summarizing the main results. Indicate and explain
the connection with other chapters in the body of the text as well
as what contribution the chapter has made to the whole of the paper.
ISI TUBUH
Isi teks menjelaskan secara rinci bagaimana penelitian dilakukan,
melaporkan temuan utama dan memberikan bukti yang mendukung kesimpulan Anda.
Mengatur tubuh teks
• Bagilah tubuh utama teks menjadi beberapa bab. Bab harus mengikuti garis
besar logis dan biasanya mencakup tiga bagian utama berikut: metodologi, hasil
dan diskusi serta interpretasi:
o Metode: mendeskripsikan proyek (elaborasi), sambil menjelaskan prinsip
kerja utama yang diterapkan. Bagian metode menguraikan metodologi yang
digunakan dan membuat argumen obyektif untuk membenarkan pendekatan yang
diambil.
o Hasil: melaporkan hasil dan analisis, dengan fokus pada hasil dan
interpretasi utama, mengakui keterbatasan dan implikasi untuk interpretasi
hasil. Garis penalaran harus jelas dan didukung dengan baik dan asumsi harus
dijustifikasi.
o Diskusi: membahas poin-poin utama dalam kaitannya dengan pernyataan
masalah, menganalisis dan menginterpretasikan temuan-temuan utama melalui penalaran
dan argumentasi yang konsisten, menghilangkan penjelasan alternatif dan
menunjuk pada signifikansi hasil.
• Periksa apakah badan teks seimbang. Bab yang panjang mungkin bisa dibagi
menjadi beberapa bab yang lebih kecil. Jika Anda memiliki beberapa bab pendek,
verifikasi apakah mereka dapat digabungkan dengan bab lain atau tidak.
Mengatur bab dalam beberapa bagian
• Bagi lagi bab menjadi beberapa bagian dan lakukan dengan cara yang
sistematis. Bagian terdiri dari paragraf terkait: garis pemikiran dengan
masing-masing mengembangkan hanya satu ide utama. Periksa apakah ide-ide
dikembangkan secara merata di setiap paragraf dan panjang paragraf Anda
proporsional dengan makalah Anda.
• Pastikan judul atau judul yang sesuai. Gunakan struktur paralel untuk tajuk
di tingkat yang sama, untuk membuat teks Anda lebih mudah dipahami.
• Buka setiap bab dengan pendahuluan yang menjelaskan prosedur, wawasan
utama yang dikembangkan, dan garis besar bab tersebut.
• Tutup setiap bab dengan kesimpulan singkat yang merangkum hasil utama.
Tunjukkan dan jelaskan hubungannya dengan bab-bab lain di badan teks serta
kontribusi apa yang telah diberikan bab tersebut terhadap keseluruhan makalah.
The main text ends with a concluding
section. Remember that this section will be read by prospective readers
first, therefore it should be independent of the main body of the text.
Writing your
conclusion
- Recapitulate your main findings, general
conclusions and contributions.
- Briefly discuss your results if appropriate
and provide an answer to the problem statement.
- Conclude with recommendations for
improvement and/or suggestions for further research.
Pay attention
- Do not add new information to your
general conclusion.
- Relate your results to previous work, but do
not include an extensive discussion.
- Identify the limitations of the study and explain
their implications for the interpretation of the results.
KESIMPULAN
Teks utama diakhiri dengan bagian penutup. Ingatlah bahwa
bagian ini akan dibaca oleh calon pembaca terlebih dahulu, oleh karena itu
bagian ini harus terpisah dari badan utama teks.
Menulis kesimpulan Anda
• Rekapitulasi temuan utama, kesimpulan umum, dan
kontribusi Anda.
• Diskusikan secara singkat hasil Anda jika sesuai dan
berikan jawaban atas pernyataan masalah.
• Akhiri dengan rekomendasi perbaikan dan / atau saran
untuk penelitian lebih lanjut.
Perhatian
• Jangan menambahkan informasi baru pada kesimpulan umum
Anda.
• Hubungkan hasil Anda dengan pekerjaan sebelumnya, tetapi
jangan sertakan diskusi ekstensif.
• Mengidentifikasi keterbatasan penelitian dan menjelaskan
implikasinya terhadap interpretasi hasil.
The reference section comprises a
list of all sources that were cited in the text.
Compiling a reference
list
The reference list should be alphabetical according
to the first author's last name. If you use the number system, then
references are listed in the order that they have been cited in the text.
Pay attention
- Compile the reference list preferably as
you write the body of the text.
- Note that the reference list should always
be accurate and complete.
- If you are listing your references
alphabetically, make sure that the first line of your reference is at the
margin and subsequent lines are indented (e.g. 0,5 cm).
REFERENSI
Bagian referensi terdiri dari daftar semua sumber yang dikutip dalam teks.
Menyusun daftar referensi
Daftar referensi harus berdasarkan abjad sesuai dengan nama belakang
penulis pertama. Jika Anda menggunakan sistem bilangan, maka referensi
dicantumkan sesuai urutan kutipannya di dalam teks.
Perhatian
• Sebaiknya kompilasi daftar referensi saat Anda menulis badan teks.
• Perhatikan bahwa daftar referensi harus selalu akurat dan lengkap.
• Jika Anda membuat daftar referensi menurut abjad, pastikan baris pertama
referensi Anda berada di pinggir dan baris berikutnya diberi indentasi
(misalnya 0,5 cm).
Appendices convey important but
non-essential information, such as raw data, long proofs, calculations and
extensive experimental results. If they would be included in the body of the
text, these could harm the readability of the text.
Pay attention
- Appendices should always be numbered,
captioned and referred to from the text.
- Appendices should be clear and self-contained.
LAMPIRAN
Lampiran
menyampaikan informasi penting tetapi tidak penting, seperti data mentah, bukti
panjang, penghitungan, dan hasil eksperimen ekstensif. Jika mereka dimasukkan
ke dalam badan teks, ini dapat merusak keterbacaan teks.
Perhatian
•
Lampiran harus selalu diberi nomor, diberi judul, dan dirujuk dari teks.
•
Lampiran harus jelas dan berdiri sendiri.
0 komentar:
Posting Komentar