Rss Feed
  1. RPP KELAS XII OFFERING HELP

    Sabtu, 05 Januari 2019

    Asaalammualaikum Bapak / Ibu Guru,

    Bila anda membutuhkan perangkat mengajar terutama pelajaran Bahasa Inggris, silahkan dicopas saja. Kami membantu dengan menyajikan RPP sesuai Kurikulum terbaru. RPP ini juga disertai instrumen penilaian sikap, ketrampilan serta pengetahuan.

    Bila ada kritik dan saran, mohon isi kolom komentar.

    Semoga bermanfaat!

    RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
    (RPP)

    Satuan Pendidikan    : SMK Texmaco Pemalang
    Mata Pelajaran          : Bahasa Inggris
    Kelas/semester           : XII/1 (satu)
    Materi Pokok             : Offering Help
    Alokasi Waktu           :4 JP  (4 x 45 menit)

    A.      Kompetensi Inti

    KI1       : Menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya
    KI 2       : Menghayati dan mengamalkan perilaku jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli (gotong royong, kerjasama, toleran, damai), santun, responsif dan pro-aktif dan menunjukan sikap sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia
    KI 3       : Memahami, menerapkan, menganalisis dan mengevaluasi pengetahuan faktual, konseptual, prosedural dan metakognitif berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah.
     KI 4      : Mengolah, menalar, menyaji, dan mencipta dalam ranah konkret dan ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri serta bertindak secara efektif dan kreatif, dan mampu menggunakan metoda sesuai kaidah keilmuan

    B.     Kompetensi Dasar dan Indikator Pencapaian Kompetensi

    Kompetensi Dasar
    Indikator Pencapaian Kompetensi
    1.1     Mensyukuri kesempatan dapat mempelajari bahasa Inggris sebagai bahasa pengantar komunikasi International 
    Siswa dapat menunjukkan sikap bersyukur, aktif, dalam mempelajaru bahasa inggris.
    1.1       Mengembangkan perilaku santun dan peduli dalam melaksanakan komunikasi antar pribadi dengan guru dan teman.
    1.2       Mengembangkan perilaku jujur, disiplin, percaya diri, dan bertanggungjawab dalam melaksanakan komunikasi transaksional dengan guru danteman.
    1.3       Mengembangkan perilaku tanggungjawab, peduli, kerjasama, dan cinta damai, dalam melaksanakan komunikasi fungsional.
    Siswa dapat menunjukkan sikap tanggung jawab, peduli, kerjasama dan cinta damai dalam melaksanakan komunikasi fungsional
    3.1  Menganalisis fungsi sosial, struktur teks, dan unsure kebahasaan pada ungkapan menawarkan jasa, serta responnya, sesuai dengan konteks penggunaannya.

    Mengidentifikasi tujuan teks ungkapan
    ucapan menawarkan jasa

    Menemukan ungkapan ucapan menawarkanjasa

    Mengidentifikasi unsur kebahasaan
    ungkapan ucapan menawarkan jasa

    4.1  Menyusun teks lisan dan tulis untuk mengucapkan dan merespon ungkapan menawarkan jasa, dengan memperhatikan fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan yang benar dan sesuai konteks.

    Melengkapi teks percakapan tentang
    ungkapan yang berisi ucapan menawarkan jasa

    Menyusun  teks percakapan tentang
    ungkapan yang berisi ucapan menawarkan jasa
    Mendemonstrasikan dialog tentang menawarkan jasa
    Tujuan Pembelajaran

    Pertemuan 1
    Setelah mengikuti serangkaian kegiatan pembelajaran, peserta didik dapat:
    1.      Mengidentifikasi tujuan teks ungkapan ucapan menawarkan jasa
    2.      Mengidentifikasi unsur kebahasaan ungkapan ucapan menawarkan jasa
    3.       Menyebutkan ungkapan ucapan menawarkan jasa
    4.      Melengkapi teks percakapan tentang ungkapan yang berisi ucapan menawarkan jasa

    Pertemuan 2
    Setelah mengikuti serangkaian kegiatan pembelajaran, peserta didik dapat:
    1.      Menyusun dialog berisi  ungkapan ucapan menawarkan jasa
    2.      Mendemonstrasikan ungkapan ucapan menawarkan jasa

     Materi Pembelajaran
    Faktual : Teks lisan dan tertulis berbentuk dialog menawarkan jasa dan meminta perhatian yang sering diucapkan sehari hari.

    Konseptual : Fungsi sosial :
    Menjaga hubungan interpersonal dengan guru, teman, dan orang lain.

    Prosedural : Struktur Teks :
    (1)         Pengenalan deskripsi umum dialog tentang menawarkan jasa
    (2)         Pengenalan deskripsi khusus ungkapan-ungkapan dalam menawarkan jasa serta responnya
    Unsur Kebahasaan :
    (1)         Kata-kata terkait  dari dialog menarakan jasa dan meminta perhatian
    (2)         Simple present tense.
    (3)         Ucapan, tekanan kata, intonasi, ketika mempresentasikan secara lisan
    (4)         Rujukan kata

    Metakognitif : Teks buatan siswa secara lisan/tulisan

    Reading Dialogue

    Dialogue for asking for Help
    At the Travel Agency

    Tina: Good afternoon, Sir. What can I do for you?
    Bob: Could you give me some details about your package tours?
    Tina: Certainly. Would you like to see our brochures? Here they are. (hands him the  brochures)
    Bob: Thank you. (after going through the brochures) Well, this 10-day Bali tour seems to be an interesting one.
    Tina: We could book your tickets if you like.
    Bob: Oh yes. But not for me alone. I want three tickets to be booked.
    Tina: Sure, we can do it. Please fill in these forms.
    Bob: Thank you.
    Tina: Would you like us to send the tickets to you by post or would you like to collect them personally?
    Bob: Can I take them on next Wednesday?
    Tina: Sure, we’ll keep them ready for you.
    Bob: Thank you.
    Tina: It’s our pleasure, Sir.

    Learning English Conversations and please practice the dialogues by using useful phrases below:

    Offering help
    Accepting an offer help
    Declining an offer of help
    Can I help you?
    If it’s no trouble for you.
    I’m very grateful to you for your offer, but…
    Could I help you?
    If you don’t mind.
    No, don’t worry (about)…
    Do you think I/ we can help you?
    Oh, yes. Please.
    No, I can manage. Thank you.
    How about…?
    Etc.
    No, please don’t bother.
    I’ll do it for you.
    Thank you very much for your offer, but…
    If there is anything I/ we can do, please do let me/ us kno.
    Etc.
    Is there anything I can do?
    May I help you?
    What can I do for you?
    Etc.

    Unsur Kebahasaan:
    - Ungkapan ucapan menawarkan jasa
    - Pemahaman
    - Kosa kata
    - Tata bahasa
    - Ejaan

    Topik :
    Keteladanan tentang perilaku peduli dan cinta damai.

    E. Metode Pembelajaran
    Pendekatan : scientific approach
    Metode : Discovery Based Learning
    Strategi : Menyimak, diskusi kelompok, studi pustaka, penugasan individu dan kelompok (proyek)


    F. Media, Alat, dan Sumber Pembelajaran
    1. Media
    PPt
    2. Alat
    Whiteboard, , spidol/boardmarker, kapur
    3. Sumber Pembelajaran
    English modul

    G. Langkah-Langkah Kegiatan Pembelajaran

    Pertemuan 1

    Kegiatan Pendahuluan
    Guru memberi salam;
    Guru memimpin doa;
    Guru memeriksa kehadiran siswa;
    Guru memberi motivasi belajar siswa secara kontekstual sesuai manfaat dan aplikasi materi ajar dalam kehidupan sehari-hari;
    Guru mengajukan pertanyaan antara pengetahuan sebelumnya dengan materi yang akan dipelajari;
    Guru menjelaskan tujuan pembelajaran atau kompetensi dasar yang akan dicapai;
    Guru menyampaikan cakupan materi dan  uraian kegiatan.

    Kegiatan Inti

    Mengamati (10’)
    Peserta didik menyimak beberapa dialog yang didalamnya terdapat  ucapan  menawarkan jasa (factual)
       Peserta didik  mendiskusikan  deskripsi umum dan khusus yang disajikan guru (konseptual)
       Peserta didik  mengamati hal-hal yang menonjol dari dialog terkait dengan ungkapn danresponnya (faktual)
       Peserta didik  belajar menemukan gagasan utama, informasi rinci dan informasi tertentu dari dialog (prosedural)
       peserta didik  membuat daftar kata sulit yang pernah didengar atau dibaca (metakognitif)

    Mempertanyakan (15’)
    Dengan pengarahan guru, peserta didik mempertanyakan tentang fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan dari ungkapan menawarkan jasa  (konseptual)
    Peserta didik memperoleh pengetahuan tambahan tentang ungkapan  ucapan menawarkan jasa, fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan.

    Bereksplorasi ( 25’)
    Peserta didik dibentuk menjadi beberapa kelompok (3-4 anak);
    Peserta didik berdiskusi dengan kelompoknya terkait gagasan utama, informasi terusat dan tersirat dari beberapa dialog yang telah dibaca.

    Mengasosiasi/ Menganalisis (25’)
    Dengan bimbingan guru, peserta didik berdiskusi dengan  kelompoknya untuk menjawab pertanyaan terkait teks yang telah dibaca;
    Peserta didik memperoleh balikan (feedback) dari guru dan temannya tentang setiap
    yang dia sampaikan dalam diskusi.
    Peserta didik melengkapi dialog tentang  menawarkan  jasa


    Berkomunikasi (35’)
    Peserta didik mempresentasikan hasil diskusi kelompok mengenai isi teks di depan kelas;
    Peserta didik memperoleh balikan dari guru dan teman tentang hasil pekerjaan yang
    telah dipresentasikan;
    Peserta didik diminta menyebutkan ungkapan  ucapan menawarkan jasa yang  ada dalam teks secara   individu;
    Peserta didik mengungkapkan hal-hal yang sulit dan mudah dilakukan terkait materi ungkapan menawarkan jasa

    Kegiatan Penutup (10’)
    Guru dan peserta didik melakukan refleksi terhadap kegiatan  pembelajaran dan manfaat-manfaatnya;
    Peserta didik dan guru memberikan umpan balik terhadap proses dan hasil pembelajaran;
    Guru memberikan penugasan berupa tugas mandiri yang ada dalam buku  pegangan siswa;
    Guru menyampaikan informasi tentang rencana kegiatan pembelajaran untuk pertemuan berikutnya;
    Guru dan peserta didik mengucapkan salam perpisahan.

    Pertemuan 2

    Kegiatan Pendahuluan (10’)
    Guru memberi salam;
    Guru memimpin doa;
    Guru memeriksa kehadiran siswa;
    Guru memberi motivasi belajar siswa secara kontekstual sesuai manfaat dan aplikasi materi ajar dalam kehidupan sehari-hari;
    Guru mengajukan pertanyaan antara pengetahuan sebelumnya dengan materi yang akan dipelajari;
    Guru menjelaskan tujuan pembelajaran atau kompetensi dasar yang akan dicapai;
    Guru menyampaikan cakupan materi dan  uraian kegiatan.

    Kegiatan Inti

    Mengamati (15’)
    Peserta didik mengamati beberapa video tentang  menawarkan jasa
    Dengan bimbingan dan arahan guru, peserta didik mengidentifikasi isi teks dan menghubungkannya dengan ungkapan  menawarkan jasa

    Mempertanyakan (15’)
    Dengan pengarahan guru, peserta didik mempertanyakan tentang fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan dari ungkapan menawarkan jasa
    Peserta didik memperoleh pengetahuan tambahan tentang ungkapan  ucapan menawarkan jasa, fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan dari video

    Mengasosiasi/ Menganalisis (40’)
    Peserta didik dibentuk menjadi berpasang-pasangan
    Peserta didik berdiskusi untuk menyusun dialog yang mengungkapan penawaran jasa/bantuan.
    Peserta didik merespon dialog yang mengungkapan penawaran jasa/bantuan dalam sebuah bagian listening question Response

    Berkomunikasi (35’)
    Peserta didik mendemonstrasikan dialog di depan kelas;
    Peserta didik memperoleh balikan dari guru dan teman tentang hasil pekerjaan yang
    telah dipresentasikan;
    Peserta didik mengungkapkan hal-hal yang sulit dan mudah dilakukan terkait materi ungkapan  menawarkan jasa
        
    Kegiatan Penutup (15’)
    Guru dan peserta didik melakukan refleksi terhadap kegiatan  pembelajaran dan manfaat-manfaatnya;
    Peserta didik dan guru memberikan umpan balik terhadap proses dan hasil pembelajaran;
    Guru memberikan penugasan berupa tugas mandiri yang ada dalam buku  pegangan siswa;
    Guru menyampaikan informasi tentang rencana kegiatan pembelajaran untuk pertemuan berikutnya;
    Guru dan peserta didik mengucapkan salam perpisahan.

    H. Penilaian
    1. Penilaian Sikap Spiritual
    a. Teknik Penilaian : Tertulis
    b. Bentuk Instrumen : Learning Journal



    Pemalang , Juli 2018
    Mengetahui

    Kepala Sekolah  SMK Texmaco Pemalang                                        Guru Mapel



                                                                                                    Noor Ita Yulinda, S.Pd















    LAMPIRAN

    No
    Sikap/ Nilai
    Butir Instrumen

    Menulis learning log tentang kesyukuran berkesempatan belajar Bahasa Inggris

    Lihat lampiran

    d. Instrumen : lihat lampiran

    e. Rubrik Penilaian Sikap Spiritual :
    No
    Indikator
    Sikap

    Menggunakan 8 kata positif dan dua diantaranya adalah kata “God” dan “Thank”
    4

    Menggunakan 6 kata positif dan dua diantaranya adalah kata “God” dan “Thank”
    3

    Menggunakan 4 kata positif dan dua diantaranya adalah kata “God” dan “Thank”
    2

    4. Menggunakan kurang dari 4 kata positif tanpa kata “God” dan “Thank” 1
    1
    Format penilaian sikap spiritual :
    No
    Nama
    Skor
    Predikat






    2. Penilaian Sikap Sosial
    a. Teknik Penilaian : pengamatan
    b. Bentuk Instrumen : uraian bebas
    c. Rubrik Penilaian Sikap Sosial :
    No
    Sikap
    Indikator
    Skor
    Predikat
    1
    Kerjasama
    Selalu bekerjasama dengan partnernya
    dalam mengerjakan tugas
    4
    SB
    (sangat baik)

    Sering bekerjasama dengan partnernya
    dalam mengerjakan tugas
    3
    B
    ( Baik)
    Kadang-kadang bekerjasama dengan
    partnernya dalam mengerjakan tugas
    2
    C
    (Cukup)
    Tidak pernah bekerjasama dengan
    partnernya dalam mengerjakan tugas
    1
    D
    ( Kurang)
    2
    Tanggung Jawab
    Selalu bertanggungjawab dalam
    mengerjakan tugas
    4
    SB
    (sangat baik)
    Sering bertanggungjawab dalam
    mengerjakan tugas
    3
    B
    ( Baik)
    Kadang-kadang bertanggungjawab dalam mengerjakan tugas
    2
    C (Cukup)
    Tidak pernah bertanggungjawab dalam
    mengerjakan tugas
    1
    D ( Kurang)

    d. Format Penilaian Sikap Sosial:
    No
    Nama
    Aspek
    Skor
    Predikat
    Kerjasama
    Bertanggung Jawab















    3. Penilaian Pengetahuan
    a. Tehnik penilaian : tes tulis
    b. Bentuk instrumen : Melengkapi Dialog
    c. Kisi-kisi :
    No
    Kisi-kisi Pencapaian Indikator

    Disajikan beberapa incomplete dialog siswa diminta melengkapi dan merespon dialog secara tepat


    Scoring: Betul x 10

    d. Format penilaian
    No
    Nama
    Skor
    Predikat





    4. Penilaian Keterampilan
    a. Tehnik penilaian : tes lisan
    b. Bentuk instrumen : tes ketrampilan speaking
    c. Kisi-kisi :
    No
    Kisi-kisi Pencapaian Indikator

    Disajikan sebuah teks, siswa dapat menjelaskan isi teks tersebut

    Siswa mendemosnstrasikan dialog yang mereka buat tentang penawaran bantuan/jasa

    d. Rubrik tes ketrampilan speaking :


    RUBRIK PENILAIAN SPEAKING


    ASPEK
    SKOR
    KETERANGAN



     




    Pengucapan
    5
    Mudah dipahami dan memiliki aksen penutur asli

    4
    Mudah dipahami meskipun dengan aksen tertentu

    3
    Ada masalah pengucapan yang membuat pendengar harus konsentrasi penuh dan kadang-kadang ada kesalahpahaman

    2
    Sulit dipahami karena ada masalah pengucapan, sering diminta mengulang

    1
    Masalah pengucapan serius sehingga tidak bisa dipahami




    ASPEK
    SKOR
    KETERANGAN


     


    Tata Bahasa
    5
    Tidak ada atau sedikit kesalahan tata bahasa
    4
    Kadang-kadang membuat kesalahan tata bahasa tetapi tidak mempengaruhi makna
    3
    Sering membuat kesalahan tata bahasa yang mempengaruhi makna
    2
    Banyak kesalahan tata bahasa yang menghambat makna dan sering menata ulang kalimat
    1
    Kesalahan tata bahasa begitu parah sehingga sulit dipahami




    ASPEK
    SKOR
    KETERANGAN


     
    Kosa Kata
    5
    Menggunakan kosa kata dan ungkapan seperti penutur asli
    4
    Kadang-kadang menggunakan kosa kata yang tidak tepat
    3
    Sering menggunakan kosa kata yang tidak tepat, percakapan menjadi terbatas karena keterbatasan kosa kata
    2
    Menggunakan kosa kata secara salah dan kosa kata terbatas sehingga sulit dipahami
    1
    Kosa kata sangat terbatas sehingga percakapan tidak mungkin terjadi



    ASPEK
    SKOR
    KETERANGAN


     


    Kelancaran
    5
    Lancar seperti penutur asli
    4
    Kelancaran tampak sedikit terganggu oleh masalah bahasa
    3
    Kelancaran agak banyak terganggu oleh masalah bahasa
    2
    Sering ragu-ragu dan terhenti karena keterbatasan bahasa
    1
    Bicara terputus-putus dan terhenti sehingga percakapan tidak mungkin terjadi



    ASPEK
    SKOR
    KETERANGAN


     




    Pemahaman
    5
    Memahami semua tanpa mengalami kesulitan
    4
    Memahami hampir semuanya, walau ada pengulangan pada bagian tertentu
    3
    Memahami sebagian besar apa yang dikatakan bila bicara agak diperlambat walau ada pengulangan
    2
    Susah mengikuti apa yang dikatakan.
    1
    Tidak bisa memahami walaupun percakapan sederhana



    LEMBAR PENILAIAN READING ALOUD
              Nama siswa                    : _________________________
    Kelas                              : _________________________



    ASPEK
    SKOR
    TOTAL

    50
    60
    70
    80



    1. Fluency








    2. Accuracy








    3. Pronunciation








    4. Intonation









    Keterangan untuk :



    1. Fluency


    2. Accuracy



    3. Pronunciation



    4. Intonation
    50 60
    70
    80
    50
    60
    70
    80
    50
    60
    70
    80
    50
    60
    70
    80
    : :
    :
    :
    :
    :
    :
    :
    :
    :
    :
    :
    :
    :
    :
    :
    Bila terjadi hesitasi Lancar, tetapi masih ada hesitasi
    Lancar
    Sangat lancar
    Semua ucapan tidak dapat dipahami
    Sebagian kecil ucapan sudah dapat dipahami
    Sebagain besar ucapan sudah dapat dipahami
    Semua ucapan dapat dipahami
    Hampir semua ucapan tidak benar
    Sebagian kecil ucapan sudah benar
    Sebagian besar ucapan benar
    Semua ucapan benar
    Tekanan/irama semua kata salah
    Tekanan/irama sebagian kecil kata benar
    Tekanan/irama sebagian besar kata benar
    Tekanan/irama semua kata, frasa, kalimat benar
    f. Format penilaian ketrampilan membaca :

    No
    Nama
    Aspek
    Skor
    Predikat
    Pengucapan
    Pemahaman


















    Konversi Kompetensi Sikap, Pengetahuan, dan Keterampilan :

    Predikat
    Nilai Kompetensi



    Pengetahuan
    Keterampilan
    Sikap

    A
    4
    4
    SB
    (sangat baik)
    A-
    3.66
    3.66
    B+
    3.33
    3.33
    B
    ( Baik)
    B
    3
    3
    B-
    2.66
    2.66
    C+
    2.33
    2.33
    C
    (Cukup)
    C
    2
    2
    C-
    1.66
    1.66
    D+
    1.33
    1.33
    D
    ( Kurang)
    D-
    1
    1





    Lampiran : Instrumen Penilaian Sikap Spiritual
    Rounded Rectangular Callout: MY LEARNING LOG
Name: ……………………………………………………………
Use the words to complete the sentence. Your teacher will help you.
Thank		happy		speak		Good
Practice	study		read		a lot
Bored		hard		worried	sad
Worried	write		afraid
Having a chance to learn English makes me
………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………
……………………………………………………………………………


 




    Instrumen Penilaian Pengetahuan

    From the options A, B, and C, choose the form that best fits the function state, to complete the dialogue below.
                                                                 
    1.        Susi: The books you brought look very heavy…
    Lee            : Sure, it’s very kind of you. Thank you, Kim
    A.    Would you like me to help you?
    B.     Would you like to help me?
    C.     Would I like to help you?
    D.    Would you like to bring it for me?



    2.        Tourist: I don’t know this place. Can you tell me where it is located?
    Native      : Well, it’s far enough. Would you like me to show you the place?
    Tourist      : really? It’s very kind of you.
    The underlined sentence shows us that…
    A.    The native is not really sure about the location
    B.     The native is in doubt about the location
    C.     The native accept the tourist’s offer to help him
    D.    The native offers the tourist some help

    3.        Ika: It’s so hot here.
    Rina          : …
    A.  Would you like me to turn off the AC?
    B.  Would you like me to turn on the AC?
    C.  Would you like  I to turn off the AC?
    D.  Would I like to turn off the AC?

    4.        Receptionist: "...?"
    Guest: "Yes. I would like to meet the Headmaster.
    Receptionist: "Wait a minute, please."
    A.  Would you meet the Headmaster tomorrow, Sir?
    B.  Who do you want to meet, Sir?
    C.  May I help you, Sir?
    D.  May I introduce you to the Headmaster?

    5.        Waiter : …
    Guest         : I would like to book a table for two for dinner tonight.
    A.    Can I help you
    B.     Hello
    C.     Good afternoon
    D.    Hi.

    6.        A  waiter          : good evening ………?
    A customer   : Sure, what do you have tonight?
    A. Do you like to eat?
    B. Can you do me a favor?
    C. Could I show you the menu
    D. Would you like to bring something?

    7.        Ata           : May I help you?
    Fatah        : Yes please, I need a book entitled “Visiting Seattle.”
    Ata           : Sure, We have some copy.  …
    Fatah         : Thanks.
    A.    I’ll edit after I finish this one
    B.     I’ ll get it for you
    C.     Why don’t you find in another store?
    D.    I look for the book too.

    8.        Receptionist: "...?"
    Guest: "Yes. I would like to meet the Headmaster.
    Receptionist: "Wait a minute, please."
    A.       Would you meet the Headmaster tomorrow, Sir?
    B.       Who do you want to meet, Sir?
    C.       May I help you, Sir?
    D.       May I introduce you to the Headmaster?


    9.        Andy : What seems to be the trouble? ....?
    Indy   : Of course. I need your help. The file cannot be printed out.
    A.    Can I help you
    B.    What is your trouble
    C.    Why don't you ask me
    D.    Could you do me a favor

    10.    Wido        : Would you like me to carry these books, sir?
    Mr. Sumadi : Sure. Thank you very much.
    The underlined expression shows ...
    A.    offering  help
    B.    asking to do something
    C.    apologizing for someone's mistake
    D.      disagreeing with someone's opinion greeting someone


    KUNCI JAWABAN
    1.       A
    2.      D
    3.      A
    4.      C
    5.      A
    6.      C
    7.      B
    8.      C
    9.      A
    10.  A

    Instrumen  Penilaian Speaking
    Create a dialog between you and your friend consist of expression of offering help






  2. 0 komentar: