Rss Feed

  1. Assalammualaikum  
    Buat Bapak/Ibu guru yang membutuhkan RPP ini, silahkan dicopas saja. Kalau ada kritik dan saran, silahkan tulis di kolom komentar. Semoga berkenan.
    Terima kasih



    RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
    (RPP)

    Sekolah                                    : SMK Texmaco Pemalang
    Mata Pelajaran             : Bahasa Inggris
    Kelas/ Semester             : XII / 1
    Materi Pokok                 : Expressing Surprised
    Alokasi Waktu               : 2 JP (2x45)

    A.       Kompetensi Inti
    K1 : Menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya
    K2 :Menghayati dan mengamalkan perilaku jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli (gotong royong, kerjasama, toleran, damai),  santun, responsif dan pro-aktif  dan menunjukkan sikap sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia
    K3 :Memahami, menerapkan, menganalisis pengetahuan faktual, konseptual, prosedural berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan,  kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah.
    K4 :Mengolah, menalar,  dan menyaji  dalam ranah konkret dan ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri, dan mampu  menggunakan metoda sesuai kaidah keilmuan

    B.   Kompetensi Dasar dan Indikator

    Kompetensi Dasar
    Indikator pencapaian kompetensi
    1.1 Menghayati dan mengamalkan  ajaran agama yang dianutnya

    2.1.  Mengembangkan perilaku santun dan peduli dalam melaksanakan komunikasi antar pribadi dengan guru dan teman.
    2.2.   Mengembangkan perilaku jujur, disiplin, percaya diri, dan bertanggung jawab dalam melaksanakan komunikasi transaksional dengan guru dan teman.
    2.3.   Mengembangkan perilaku tanggung jawab, peduli, kerjasama, dan cinta damai, dalam melaksanakan komunikasi fungsional.
    -                  
    3.2. Menganalisis fungsi sosial, struktur teks, dan unsure kebahasaan pada ungkapan mengawali penyampaian berita atau informasi yang mengejutkan, serta responnya, sesuai dengan konteks penggunaannya
    a.   Siswa mengidentifikasi struktur teks dan unsur kebahasaan yang tepat untuk menanyakan dan merespon dengan expresi surprised
    b.   Siswa menerapkan struktur teks dan unsur kebahasaan yang tepat untuk mengekspresikan surprised/ terkejut
    4.2  Menyusun teks lisan dan tulis untuk mengucapkan dan merespon ungkapan yang mengawali penyampaian berita atau informasi yang mengejutkan, dengan memperhatikan fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan yang benar dan sesuai konteks.
    Siswa menyusun sebuah teks lisan dan tulis berupa dialog dalam mengekspresikan surprised/ terkejut
    C.   Tujuan Pembelajaran
     Pertemuan 1
    1.    Menganalisis expresi atau ungkapan mengekspresikan surprised dari sebuah dialog
    2.    Mengidentifikasi  struktur teks dan unsur kebahasaan yang tepat untuk menyampaikan berita yang mengekspresikan surprised dari sebuah dialog
    3.    Menggunakan ekspresi/ ungkapan yang tepat ketika mendengar berita yang mengejutkan dalam sebuah incomplete dialog.
    Pertemuan 2
    1.    Menganalisis expresi atau ungkapan surprised dari sebuah video
    2.    Menerapkan expresi atau ungkapan surprised dari beberapa berita mengejutkan secara tepat
    3.    Menyusun teks dialog menggunakan expresi atau ungkapan surprised secara tepat dalam menyampaikan dan merespon berita yang mengejutkan
    4.    Mendemonstrasikan  percakapan tentang  expresi atau ungkapan surprised secara tepat dalam menyampaikan dan merespon berita yang mengejutkan dengan benar melalui kegiatan “role play”

    D.  Materi Pembelajaran
    Expresi atau ungkapan surprised
    You know what?
    Guess what?
    Are you serious?
    Is that so?
    Oh my God

    Fungsi Sosial:
    Mengungkapkan penyampaian berita mengejutkan dan merespon menggunakan expresi surprised
    Secara tepat

    E.   Model/Metode Pembelajaran
    1.   Pendekatan: scientific approach
    2.   Model: Discovery learning.
    3.   Teknik: Role Play,

    F.    Media, Alat dan Sumber Pembelajaran
    1. Media      : PPT
    2. Alat         :  Laptop, loud speaker, papan tulis dan in focus
    3. Sumber Pembelajaran: Kurikulum 2013, Audio CD/VCD/DVD, buku Bahasa Inggris 2013

    G.  Kegiatan Pembelajaran

    PERTEMUAN 1
    Kegiatan
    Deskripsi Kegiatan
    Alokasi Waktu
    Pendahuluan
    1.      Guru masuk ke kelas dan langsung menyapa menggunakan bahasa Inggris agar English Environment dapat langsung tercipta di pertemuan pertama.
    2.      Guru mengisi agenda mengajar dan mengabsen siswa.
    3.      Guru memberikan brainstorming berupa pertanyaan yang sesuai dengan materi yang diajarkan
    “When were you most surprised?, please tell us about the events
    4.      Guru menjelaskan tujuan pembelajaran yang akan dicapai
    5.      Guru menyampaikan cakupan materi
    10menit
    Kegiatan Inti
    Mengamati
    ·      Siswa melakukan pengamatan  dari dialog tentang Mengungkapkan penyampaian berita mengejutkan dan merespon menggunakan expresi surprised
    ·      Siswa mengikuti interaksi tentang mengungkapkan penyampaian berita mengejutkan dan merespon menggunakan expresi surprised seperti contoh
    ·      Siswa mengidentifikasi mengungkapkan penyampaian berita mengejutkan dan merespon menggunakan expresi surprised
    .
     Menanya
    Dengan bimbingan guru siswa mengajukan pertanyaan yang terkait dengan ungkapan yang digunakan dalam mengungkapkan penyampaian berita mengejutkan dan merespon menggunakan expresi surprised

    Mengeksplorasi
    ·      Siswa diberi script berupa dialogue dan mempraktekan ungkapan secara berpasangan

    Mengasosiaiskan
    ·      Siswa melengkapi  dialog secara berpasangan. selama siswa bekerja di dalam pasangan, guru memperhatikan dan mendorong siswa semua untuk terlibat dalam diskusi.












    70 menit
    Penutup
    1.      Guru memberikan pertanyaan untuk mengetahui apakah siswa sudah memahami topik tentang expressing surprise
    2.      Siswa diminta membuat kesimpulan pembelajaran pada pertemuan ini.
    3.      Siswa diberi tugas untuk membaca berbagai sumber, mencatat, mengerjakan latihan unsur-unsur bahasa yang sudah diterangkan.
    10 menit
    PERTEMUAN 2

    Kegiatan
    Deskripsi Kegiatan
    Alokasi Waktu
    Pendahuluan
    1.      Guru masuk ke kelas dan langsung menyapa menggunakan bahasa Inggris agar English Environment dapat langsung tercipta di pertemuan pertama.
    2.      Guru mengisi agenda mengajar dan mengabsen siswa.
    3.      Guru menjelaskan tujuan pembelajaran yang akan dicapai
    4.      Guru menyampaikan cakupan materi
    10menit
    Kegiatan Inti
    Mengamati
    ·      Siswa melakukan pengamatan  dari sebuah video
    ·      Siswa menganalisis video tentang mengungkapkan penyampaian berita mengejutkan dan merespon menggunakan expresi surprised

     Menanya
    ·      Dengan bimbingan guru siswa mengajukan pertanyaan yang terkait dengan ungkapan yang digunakan dalam penyampaian berita mengejutkan dan merespon menggunakan expresi surprised

    Mengeksplorasi
    ·      Siswa memberikan ungkapan yang mengejutkan yang mereka ketahui
    ·      Siswa merespon gambar dalam slide menggunakan expresi surprised secara tepat
    Ex:
    1.  Barrack Obama will come to our school next moth
    Mengasosiasi
    ·      Siswa menyampaikan berita mengejutkan dalam sebuah kertas dan siswa lain merespon dengn uangkapan yang tepat
    ·      Siswa membuat dialog secara berpasangan tentang Mengungkapkan penyampaian berita mengejutkan dan merespon menggunakan expresi surprised
    ·      .Selama siswa bekerja di dalam pasangan, guru memperhatikan dan mendorong siswa semua untuk terlibat dalam diskusi.
    Mengomunikasikan
    ·      Siswa memerankan percakapan yang mereka buat tersebut ( role play) ke depan kelas secara berpasangan












    70 menit
    Penutup
    1.      Guru memberikan pertanyaan untuk mengetahui apakah siswa sudah memahami topik tentang mengungkapkan penyampaian berita mengejutkan dan merespon menggunakan expresi surprised.
    2.      Siswa diminta membuat kesimpulan pembelajaran pada pertemuan ini.
    3.      Siswa diberi tugas untuk membuat soal  incomplete dialog tentang penyampaian berita mengejutkan
    10 menit

    A.    PENILAIAN
    1.      Jenis/teknik penilaian
    -          tes tulis dan tes kinerja
    Penilaian proses berlangsung selama pembelajaran berlangsung yang dimulai sejak aktivitas mengamati, menanya, mengeksplorasi, mengasosiasi hingga mengkomunikasikan.  
    Sikap:
    -       observasi    
    -       Jurnal, di dalam dan luar kelas, berupa catatan pendidik.
         Guru mengobservasi dan mencacatat perilaku siswa yang mencakupi sikap dan keterampilannya
    Pengetahuan:
    Pengetahuan siswa tentang struktur teks, unsur kebahasaan dievaluasi dengan menggunakan testulis/lisan & penugasan (PR)
    Keterampilan:
    Unjukkerja/Praktik, jurnal.

    2.      Bentuk instrumen dan instrumen
    Role play (memerankan dialogue dengan menggunakan ungkapan menyatakan dan menanyakan tentang niat melakukan sesuatu)
    tes tertulis (membuat dialogue).

    3.      Pedoman penskoran
    Rubrik
    a. Bentuk Instrumen : Learning Journal
    b. Kisi-kisi :

    NNo
    Sikap/ Nilai
    Butir Instrumen

    Menulis learning log tentang kesyukuran berkesempatan belajar Bahasa Inggris
    Lihat lampiran

    c.Instrumen : lihat lampiran
    d. Rubrik Penilaian Sikap Spiritual :
    NNo
    Indikator
    Sikap

    Menggunakan 8 kata positif dan dua diantaranya adalah kata “God” dan “Thank”
    4

    Menggunakan 6 kata positif dan dua diantaranya adalah kata“God” dan “Thank”
    3

    Menggunakan 4 kata positif dan dua diantaranya adalah kata “God” dan “Thank”
    2

    4. Menggunakan kurang dari 4 kata positif tanpa kata “God” dan “Thank” 1
    1

    Format penilaian sikap spiritual :
    NNo
    Nama
    Skor
    Predikat





    2. Penilaian Sikap Sosial
    a. Teknik Penilaian : pengamatan
    b. Bentuk Instrumen : uraian bebas
    c. Rubrik Penilaian Sikap Sosial :
    No
    Sikap
    Indikator
    Skor
    Predikat
    1
    Kerjasama
    Selalu bekerjasama dengan partnernya dalam mengerjakan tugas
    4
    SB
    (sangat baik)
    Sering bekerjasama dengan partnernya dalam mengerjakan tugas
           3
    B
    ( Baik)
    Kadang-kadang bekerjasama dengan partnernya dalam mengerjakan tugas
    2
    C
    (Cukup)
    Tidak pernah bekerjasama dengan partnernya dalam mengerjakan tugas
    1
    D
    ( Kurang)
    2
    Tanggung Jawab
    Selalu bertanggungjawab dalam  mengerjakan tugas
    4
    SB
    (sangat baik)
    Sering bertanggungjawab dalam mengerjakan tugas
           3
    B ( Baik)
    Kadang-kadang bertanggungjawab dalam mengerjakan tugas
    2
    C (Cukup)
    Tidak pernah bertanggungjawab dalam mengerjakan tugas
    1
    D ( Kurang)

    d. Format Penilaian Sikap Sosial:
    No
    Nama
    Aspek
    Skor
    Predikat
    Kerjasama
    Bertanggung Jawab














    3. Penilaian Pengetahuan
    a. Tehnik penilaian : tes tulis
    b. Bentuk instrumen : uraian bebas
    c. Kisi-kisi :
    No
    Kisi-kisi Pencapaian Indikator

    Disajikan beberapa kasus/ situasi tertentu siswa menyusun dialog secara tertulis.
    c.       Format penilaian

    PEDOMAN dan RUBRIK PENILAIAN
    (Writing Competence)


    KRITERIA
    SKOR
    DESKRIPSI



    Kesesuaian tugas / isi (sejauh mana tulisan mencapai tujuan)
    0-27
    Excellent to very good: Menanggapi tugas dengan sempurna; pembahasan sempurna; informasi relevan dan tepat; interpretasi sangat kuat dan mendukung.

    6-24
    Good: Mampu menanggapi tugas; pembahasan mampu; informasi umumnya relevan dan tepat; interpretasi umumnya mendukung.

    23-21
    Fair: Kurang mampu menanggapi tugas; pembahasan dapat diterima tapi kadang tidak konsisten; informasi kadang tidak relevan/tidak tepat; interpretasi kadang tidak konsisten dengan fakta.

    0-18
    Inadequate: Tidak bisa menanggapi tugas; pembahasan tidak lengkap dan tidak konsisten; informasi sering tidak relevan/tidak tepat; interpretasi tidak konsisten dengan fakta.

    7-0
    Inacceptable: Mengabaikan atau kurang memahami tugas; minim pembahasan; informasi dan interpretasi tidak relevan.

    d.      Rubrik tes pengetahuan creating dialog :

    PEDOMAN dan RUBRIK PENILAIAN
    (Writing Competence)


    KRITERIA
    SKOR
    DESKRIPSI



    Kesesuaian tugas / isi (sejauh mana tulisan mencapai tujuan)
    30-27
    Excellent to very good: Menanggapi tugas dengan sempurna; pembahasan sempurna; informasi relevan dan tepat; interpretasi sangat kuat dan mendukung.

    26-24
    Good: Mampu menanggapi tugas; pembahasan mampu; informasi umumnya relevan dan tepat; interpretasi umumnya mendukung.

    23-21
    Fair: Kurang mampu menanggapi tugas; pembahasan dapat diterima tapi kadang tidak konsisten; informasi kadang tidak relevan/tidak tepat; interpretasi kadang tidak konsisten dengan fakta.

    20-18
    Inadequate: Tidak bisa menanggapi tugas; pembahasan tidak lengkap dan tidak konsisten; informasi sering tidak relevan/tidak tepat; interpretasi tidak konsisten dengan fakta.

    17-0
    Inacceptable: Mengabaikan atau kurang memahami tugas; minim pembahasan; informasi dan interpretasi tidak relevan.


    4. Penilaian Keterampilan
    a. Tehnik penilaian : tes lisan
    b. Bentuk instrumen : tes ketrampilan speaking
    c. Kisi-kisi :
    No
    Kisi-kisi Pencapaian Indikator

     Disajikan sebuah petunjuk, siswa diminta menyusun dialog tertulis dan mendemonstrasikan dalam bentuk role play

    d. Rubrik tes ketrampilan speaking :

    RUBRIK PENILAIAN SPEAKING


    ASPEK
    SKOR
    KETERANGAN



     




    Pengucapan
    5
    Mudah dipahami dan memiliki aksen penutur asli

    4
    Mudah dipahami meskipun dengan aksen tertentu

    3
    Ada masalah pengucapan yang membuat pendengar harus konsentrasi penuh dan kadang-kadang ada kesalahpahaman

    2
    Sulit dipahami karena ada masalah pengucapan, sering diminta mengulang

    1
    Masalah pengucapan serius sehingga tidak bisa dipahami




    ASPEK
    SKOR
    KETERANGAN


     


    Tata Bahasa
    5
    Tidak ada atau sedikit kesalahan tata bahasa
    4
    Kadang-kadang membuat kesalahan tata bahasa tetapi tidak mempengaruhi makna
    3
    Sering membuat kesalahan tata bahasa yang mempengaruhi makna
    2
    Banyak kesalahan tata bahasa yang menghambat makna dan sering menata ulang kalimat
    1
    Kesalahan tata bahasa begitu parah sehingga sulit dipahami



    ASPEK
    SKOR
    KETERANGAN


     




    Kosa Kata
    5
    Menggunakan kosa kata dan ungkapan seperti penutur asli
    4
    Kadang-kadang menggunakan kosa kata yang tidak tepat
    3
    Sering menggunakan kosa kata yang tidak tepat, percakapan menjadi terbatas karena keterbatasan kosa kata
    2
    Menggunakan kosa kata secara salah dan kosa kata terbatas sehingga sulit dipahami
    1
    Kosa kata sangat terbatas sehingga percakapan tidak mungkin terjadi



    ASPEK
    SKOR
    KETERANGAN


     


    Kelancaran
    5
    Lancar seperti penutur asli
    4
    Kelancaran tampak sedikit terganggu oleh masalah bahasa
    3
    Kelancaran agak banyak terganggu oleh masalah bahasa
    2
    Sering ragu-ragu dan terhenti karena keterbatasan bahasa
    1
    Bicara terputus-putus dan terhenti sehingga percakapan tidak mungkin terjadi



    ASPEK
    SKOR
    KETERANGAN


     




    Pemahaman
    5
    Memahami semua tanpa mengalami kesulitan
    4
    Memahami hampir semuanya, walau ada pengulangan pada bagian tertentu
    3
    Memahami sebagian besar apa yang dikatakan bila bicara agak diperlambat walau ada pengulangan
    2
    Susah mengikuti apa yang dikatakan.
    1
    Tidak bisa memahami walaupun percakapan sederhana



    LEMBAR PENILAIAN READING ALOUD
              Nama siswa                    : _________________________
    Kelas                              : _________________________


    ASPEK
    SKOR
    TOTAL
    50
    60
    70
    80


    1. Fluency







    2. Accuracy







    3. Pronunciation







    4. Intonation








    Keterangan untuk :


    1. Fluency


    2. Accuracy



    3. Pronunciation



    4. Intonation
    50 60
    70
    80
    50
    60
    70
    80
    50
    60
    70
    80
    50
    60
    70
    80
    : :
    :
    :
    :
    :
    :
    :
    :
    :
    :
    :
    :
    :
    :
    :
    Bila terjadi hesitasi Lancar, tetapi masih ada hesitasi
    Lancar
    Sangat lancar
    Semua ucapan tidak dapat dipahami
    Sebagian kecil ucapan sudah dapat dipahami
    Sebagain besar ucapan sudah dapat dipahami
    Semua ucapan dapat dipahami
    Hampir semua ucapan tidak benar
    Sebagian kecil ucapan sudah benar
    Sebagian besar ucapan benar
    Semua ucapan benar
    Tekanan/irama semua kata salah
    Tekanan/irama sebagian kecil kata benar
    Tekanan/irama sebagian besar kata benar
    Tekanan/irama semua kata, frasa, kalimat benar
    Pemalang , Juli 2016

    Mengetahui
    Kepala Sekolah  SMK Texmaco Pemalang                                          Guru Mapel


    Marzuki, ST                                                                                         Noor Ita Yulinda, S.Pd
               




    Lampiran : Instrumen Penilaian Sikap Spiritual
    Rounded Rectangular Callout: MY LEARNING LOG
Name: ……………………………………………………………
Use the words to complete the sentence. Your teacher will help you.
Thank  happy  speak  God  Practice study  read hard  worried sad
Worried write  afraid

Having a chance to learn English makes me
………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………


 



    Hasil gambar untuk gambar siswa



    Instrumen Penilaian Pengetahuan

    Create a dialog about surprising news and make it role play in front of class.




  2. 0 komentar: